Bikin Haru, Aksi Danramil Belitang Hilir Gendong Warga Lumpuh Korban Banjir

Uun Yuniar, Antara ยท Kamis, 04 November 2021 - 06:25:00 WIB
Bikin Haru, Aksi Danramil  Belitang Hilir Gendong Warga Lumpuh Korban Banjir
Danramil Belitang Hilir Peltu Sudaryanto menggendong warga lumpuh yang rumahnya terendam banjir. (Foto: Kodim 1204/Sanggau)

SANGGAU, iNews.id - Peltu Sudaryanto, Danramil Belitang Hilir turun langsung mengevakuasi korban banjir di Desa Sungai Ayak, Kecamatan Belitang Hilir, Sekadau, Kalimantan Barat. Dia bahkan menggendong seorang warga lumpuh yang rumahnya terendam banjir.

"Erik ini tidak bisa jalan karena lumpuh dan harus kami gendong saat dievakuasi ke tempat yang lebih aman ke rumah saudaranya," kata Sudaryanto, Rabu (4/11/2021).

Dia menjelaskan, banjir yang terjadi di kawasan itu akibat curah hujan cukup tinggi selama beberapa hari ini. Selain itu debit air Sungai Kapuas meninggi akibat hujan berhari-hari.  

"Saat ini terdapat tujuh kecamatan di wilayah Kabupaten Sekadau sudah terendam banjir," ujarnya

Banjir yang terjadi wilayah Kecamatan Belitang Hilir tepatnya di Desa Sungai Ayak 1 membuat sejumlah warga harus dievakuasi oleh petugas ke tempat yang aman dari banjir. 

"Erik yang merupakan warga Dusun Sungai Asam menyandang disabilitas (lumpuh). Rumahnya juga terendam air setinggi sekitar 20 sentimeter. Atas inisiatif dan kesepakatan bersama kami melakukan evakuasi ke rumah saudaranya yang lebih aman," katanya.

Dia menjelaskan, tindakan tersebut dilakukan demi menjaga keselamatan warga mengingat hujan masih terjadi sampai saat ini, dan tidak menutup kemungkinan debit air Sungai Kapuas juga terus naik. 

"Kami melakukan evakuasi terhadap warga yang terdampak banjir ke tempat yang lebih aman, itupun ke tempat keluarganya sendiri," ujarnya.

Editor : Reza Yunanto

Bagikan Artikel: