Bupati dan Wabup Sekadau Diminta Fokus Atasi Covid-19 dan Hindari Jual Beli Jabatan

Antara ยท Senin, 26 April 2021 - 20:48:00 WIB
Bupati dan Wabup Sekadau Diminta Fokus Atasi Covid-19 dan Hindari Jual Beli Jabatan
Pelantikan Bupati-Wabup Sekadau di Kantor Gubernur Kalbar, Senin (26/4)

PONTIANAK, iNews.id – Gubernur Kalimantan Barat (Kalbar) Sutarmidji memberi pesan yang cukup serius kepada Bupati Sekadau Aron dan wakilnya, Subandrio, yang telah dilantik di kantor Gubernu Kalbar, Senin (26/4). Pesan tersebut adalah mengendalikan penyebaran Covid-19 di Sekadau dan menghindari praktik birokrasi jual beli jabatan.

Sutarmidji menilai, sudah saatnya Aron dan Subandrio menunjukkan komitmennya dalam membangun Sekadau. Salah satu langkah yang harus dilakukan sekarang ini adalah memaksimalkan penanganan pandemi. Bukan hanya menggencarkan tracing namun juga meningkatkan testing.  

“Karena Sekadau ini tingkat keterjangkitan tinggi dan ini terlihat pada satu lokasi yang berbatasan dengan Sintang, 38 orang kita tes dan semua positif. Nah, kalau dalam satu bulan kita bisa tindak tegas, tempat berkumpul dibatasi dibubarkan insya Allah (Covid-19) bisa (dikendalikan)," kata Sutarmidji.

Menurutnya, pengoptimalan tracing tidaklah sulit dilakukan sebab, Aron cukup memerintahkan Dinas Kesehatan serta Puskesmas untuk mengoptimalkan langkah itu. Selain itu, Aron juga sudah bisa mengerahkan Satpol PP untuk membentuk satgas-satgas di desa-desa di Sekadau.

"Kalau tidak lakukan tracing dan testing saya tidak akan transfer dana bagi hasil, pasti tak akan saya transfer. Kalau perlu di akhir tahun baru saya transfer sekalian, jadi kalang kabut," tekan dia.

Tak kalah penting lagi, Sutarmidji meminta Bupati dan Wabup Sekadau melakukan transparansi anggaran dan tidak membiarkan terjadinya transaksi jual-beli jabatan. “Kelola keuangan harus sudah nontunai, kemudian pengangkatan pejabat harus transparan,” tegasnya.

Aron mengaku akan segera mengadakan rapat kerja dan kordinasi dengan dinas terkait untuk menjalankan amanat dari Gubernur Sutarmidji. Meski tidak mudah, dia menilai pengendalian Covid-19 di Sekadau bisa dilakukan. Begitu pula dengan penerapan transparansi dalam birokrasi.

"Kami akan koordinasikan dengan mereka, karena terkait dengan anggaran itu tentu kami memaksimalkan upaya-upaya agar ke depannya anggaran lebih transparan dan bisa lebih diakses masyarakat," kata Aron.

Editor : Zen Teguh