Calon Perseorangan di Pilkada Kapuas Hulu Tak Penuhi Syarat, Jumlah Dukungan Kurang

Antara ยท Rabu, 22 Juli 2020 - 13:42 WIB
Calon Perseorangan di Pilkada Kapuas Hulu Tak Penuhi Syarat, Jumlah Dukungan Kurang
Ketua KPU Kapuas Hulu, Ahmad Yani. (Antara)

KAPUAS HULU, iNews.id - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kapuas Hulu, Kalimantan Barat menetapkan pasangan Edi Suhita-Dominikus Sehen tak bisa melanjutkan proses pencalonan. Pasangan jalur perseorangan itu belum memenuhi persyaratan dukungan pencalonan.

"Dari hasil rapat pleno rekapitulasi dukungan bakal calon perseorangan Edi Suhita-Dominikus Sehen masih belum memenuhi syarat untuk mengajukan diri sebagai calon Bupati dan Wakil Bupati Kapuas Hulu tahun 2020," kata Ketua KPU Kapuas Hulu, Ahmad Yani di Putussibau, Selasa (22/7/2020).

Yani mengatakan, hasil pleno rekapitulasi dukungan bakal pasangan calon Edi Suhita-Dominikus Sehen yang dinyatakan memenuhi syarat hanya 7.021 dukungan. Hal itu didapatkan dari hasil verifikasi faktual yang dilakukan oleh Panitia Pemungutan Suara (PPS) pada 24 Juni hingga 12 Juli 2020 yang lalu.

Sedangkan untuk syarat minimal pengajuan bakal pasangan calon perseorangan sejumlah 17.894 dukungan atau 10 persen dari jumlah Daftar pemilih tetap pemilu atau pemilihan terakhir.

Dia mengatakan, jika pasangan bakal calon perseorangan tersebut ingin melanjutkan proses pencalonan, harus memenuhi atau memperbaiki dukungan pada masa perbaikan sebanyak dua kali lipat dari jumlah kekurangan.

"Untuk jumlah kekurangan yang mesti disampaikan kepada KPU Kapuas Hulu pada masa perbaikan sejumlah 10.873 dikali dua sama dengan 21.746 dukungan yang wajib disampaikan kepada KPU Kapuas Hulu," katanya.

Dia menambahkan, penyampaian kekurangan di masa perbaikan dilakukan pada tanggal 25 hingga 27 Juli 2020. Setelah itu akan dilakukan verifikasi administrasi.

"Tetapi untuk verifikasi faktual tidak dilakukan dari rumah ke rumah, melainkan dikumpulkan oleh Tim bakal pasangan calon kemudian dilakukan verifikasi faktual secara kolektif," ujarnya.


Editor : Reza Yunanto