Diguyur Hujan Deras, Sebagian Kota Singkawang Dilanda Banjir

Uun Yuniar ยท Kamis, 30 Juli 2020 - 14:37 WIB
Diguyur Hujan Deras, Sebagian Kota Singkawang Dilanda Banjir
Sejumlah wilayah di Singkawang, Kalimantan Barat terendam banjir akibat hujan deras yang mengguyur sejak Rabu (29/7/2020) malam. Foto (iNews.id/Uun Yuniar)

SINGKAWANG, iNews.id - Hujan deras yang mengguyur Kota Singkawang, Kalimantan Barat sejak Rabu (29/7/2020) malam menyebabkan banjir. Aktivitas warga pun terganggu akibat genangan air di sejumlah tempat.

Pantauan iNews.id, salah satu yang tergenang banjir yakni Pasar Beringin. Puluhan pedagang di pasar tradisional tersebut tak bisa berjualan hari ini lantaran pasar tergenang air.

"Enggak bisa masuk, air datang dari hulu banjir di tengah pasar," kata Ramli, salah satu pedagang ikan di lokasi, Kamis (30/7/2020).

Menurut Ramli, banjir yang menggenangi bagian dalam pasar mencapai satu meter. Pedagang terpaksa memindahkan lapak agar tidak tergenang banjir.

Tak hanya pasar, sejumlah ruas jalan di Kota Singkawang juga terendam banjir. Di beberapa ruas jalan, pengendara terpaksa melambatkan kendaraannya karena ada genangan air.

"Ini daerah yang jarang banjir, juga banjir," kata Kasi Pencegahan dan Kesiapsiagaan Bencana, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Singkawang, Jayadi.

Menurut Jayadi, BPBD Singkawang terus berkoordinasi dengan Lurah dan Camat di Singkawang untuk mengevakuasi bila ada warga yang perlu mengungsi akibat banjir.

Saat ini BPBD Singkawang sedang dalam status siaga darurat baik itu banjir, tanah longsor, dan puting beliung.


Editor : Reza Yunanto