Dinilai Tak Serius Tangani Covid-19, Dinkes Kayong Utara Kirim 149 Sampel Swab ke Provinsi

Antara · Senin, 01 Februari 2021 - 12:18:00 WIB
Dinilai Tak Serius Tangani Covid-19, Dinkes Kayong Utara Kirim 149 Sampel Swab ke Provinsi
Penumpang kapal dari Kayong Utara menjaani tes swab PCR saat tiba di Pelabuhan Kapuas Indah, Pontianak, Senin (25/1/2021). (iNews.id/Uun Yuniar)

KAYONG UTARA, iNews.id - Pemerintah Kabupaten Kayong Utara menolak anggapan tak serius menangani Covid-19. Selama Januari 2021, Dinas Kesehatan (Dinkes) Kayong Utara telah mengirim 149 sampel swab ke Dinkes Provinsi Kalimantan Barat.

"Katanya Kayong Utara tidak pernah kirim sampel swab. Nyatanya kami tetap ada kirim meskipun tidak sebanyak yang diminta provinsi," kata Kepala Dinkes Kayong Utara, Bambang Suberkah di Sukadana, Senin (1/2/2021).

Dia menjelaskan, pada pekan pertama Januari 2021, Kayong Utara memang hanya mengirim dua sampel. Namun pada minggu kedua meningkat menjadi 59 sampel, minggu ketiga 27 sampel, dan minggu terakhir 58 sampel.

"Jadi total 149 sampel," tuturnya.

Bambang mengakui jumlah sampel swab yang dikirim Kayong Utara ke provinsi memang jauh dari target. Namun Satgas Covid-19 Kayong Utara menurutnya tetap berkomitmen menangani wabah Covid-19 dengan maksimal.

Bambang menduga ada disinformasi antara Kepala Dinkes Kalbar dengan Gubernur Kalbar. Dia meminta hal itu diluruskan sehingga tidak timbul penilaian negatif terhadap Kayong Utara.

"Mungkin tidak  menyampaikan ke pak gubernur terkait data sampel swab Kayong Utara," ujarnya.

Editor : Reza Yunanto

Halaman : 1 2

Bagikan Artikel: