Dinkes Kalbar Ungkap 16 Kasus Positif Covid-19 Terbaru Pendatang asal Jateng

Antara ยท Selasa, 28 Juli 2020 - 17:55 WIB
Dinkes Kalbar Ungkap 16 Kasus Positif Covid-19 Terbaru Pendatang asal Jateng
Kepala Dinkes Kalimantan Barat dr Harisson. (Foto: Antara)

PONTIANAK, iNews.id - Dinas Kesehatan Provinsi Kalimantan Barat (Kalbar) membenarkan penambahan 16 kasus positif terjangkit virus corona (Covid-19). Belasan orang itu merupakan pendatang asal Jawa Tengah yang bekerja sebagai pekerja bangunan di proyek pembangunan pusat perbelanjaan di Kabupaten Kubu Raya.

Kepala Dinkes Kalbar, Harisson mengatakan, temuan 16 kasus positif itu bermula dari tes swab yang digelar kepada pengunjung pusat perbelanjaan itu. Termasuk yang dites yakni para pekerja yang sedang menyelesaikan pembangunan.

"Dari hasil tes swab yang kami lakukan itu, terdapat 16 pekerja bangunan yang terkonfirmasi positif Covid-19," ujar Harisson kepada media di Pontianak, Selasa (28/7/2020).

Dia mengatakan, 16 pekerja tersebut berasal dari Jawa Tengah dan masuk ke Kubu Raya pada tanggal 25 Juni lalu dengan menggunakan kapal yang bersandar di Pelabuhan Pontianak.

Dari hasil swab tersebut, 16 orang pekerja tersebut diminta untuk menjalani karatina selama 10 hari. "Sementara ini kawasan sudah diminta untuk dipasang garis polisi," tuturnya.

Dengan penambahan 16 kasus positif itu, Kalbar kini mencatat 381 kasus positif. Dari jumlah itu, sebanyak 355 pasien sudah sembuh, dan 4 pasien meninggal dunia.

Pada 22 Juli 2020, Kalbar sempat mencatat nol kasus positif setelah 100 persen pasien dinyatakan sembuh.


Editor : Reza Yunanto