Diresmikan Jokowi, RSUD dr Soedarso Bisa Layani Operasi Jantung Mulai 2023

Antara ยท Selasa, 09 Agustus 2022 - 15:20:00 WIB
Diresmikan Jokowi, RSUD dr Soedarso Bisa Layani Operasi Jantung Mulai 2023
Pembangunan gedung baru RSUD dr Soedarso Pontianak. (ANTARA)

PONTIANAK, iNews.id - Presiden Joko Widodo meresmikan gedung baru di RSUD dr Soedarso Pontianak. Kini rumah sakit pemerintah ini siap melayani bedah jantung.

"Saat ini sedang dilaksanakan pembangunan Gedung Jantung Terpadu yang bersumber dari dana Dana Alokasi Khusus (DAK) untuk melengkapi Gedung Laboratorium Kateterisasi atau Cathlab yang sudah ada," kata Gubernur Kalimantan Barat Sutarmidji dalam sambutan, Selasa (9/8/2022).

Sutarmidji menambahkan, pelayanan operasi bedah jantung di RSUD dr Soedarso mendapat bimbingan dari Rumah Sakit Jantung Nasional Harapan Kita di Jakarta. Diharapkan mulai Januari 2023 sudah bisa memberikan operasi bedah jantung.

Menurut Sutarmidji, Kalbar yang memiliki akses darat ke Malaysia membuat masyarakat lebih memilih berobat ke negara tetangga. Hal itu terjadi karena ada beberapa layanan kesehatan yang belum tersedia di Kalbar.

Sutarmidji mengatakan, Pemerintah Kalbar akan terus meningkatkan layanan dan fasilitas kesehatan agar masyarakat tak perlu berobat ke Jakarta atau ke luar negeri.

"Untuk tahun anggaran 2022 ini juga dilaksanakan pembangunan Gedung Radioterapi untuk memberikan pelayanan bagi pasien kanker yang diharapkan dapat beroperasi pada tahun 2023. Pasien yang memerlukan terapi kanker tak perlu ke Malaysia atau Jakarta," ujar mantan Wali Kota Pontianak ini.

Editor : Reza Yunanto

Bagikan Artikel: