Festival Kulminasi Matahari Digelar Virtual, Tonton di Yotube Sporta Indonesia

Antara · Minggu, 21 Maret 2021 - 11:55:00 WIB
Festival Kulminasi Matahari Digelar Virtual, Tonton di Yotube Sporta Indonesia
Festival Kulminasi Matahari di Pontianak akan digelar online. (Foto: Antara).

PONTIANAK, iNews.id - Festival Pesona Kulminasi Matahari tahun 2021 di Tugu Khatulistiwa Pontianak digelar secara virtual. Kegiatan tersebut disiarkan di Youtube melalui saluran Sporta Indonesia.

Kepala Bidang Pariwisata, Dinas Kepemudaan Olahraga dan Pariwisata Pontianak, Zulkifli mengatakan, acara ini tidak mengundang tamu di luar seperti tahun-tahun sebelumnya karena masih dalam masa pandemi Covid-19.

"Kali ini yang diundang hanya Forkopimda dan Kepala OPD," kata Zulkifli di Kota Pontianak, Kalbar, Minggu (21/3/2021).

Festival ini dilaksanakan dengan sederhana, tertutup untuk umum dan menerapkan protokol kesehatan. Tidak ada pameran seni-budaya, stan kuliner dan oleh-oleh.

Namun kegiatan tersebut disiarkan secara virtual. Masyarakat bisa menyaksikkan Pesona Kulminasi Matahari lewat Youtube melalui saluran Sporta Indonesia.

"Semoga tahun depan Pesona Kulminasi Matahari bisa dilaksanakan dengan lebih meriah dan banyak pengunjungnya. Harapannya Covid-19 sudah tidak ada lagi," katanya.

Sebelumnya, Pesona Kulminasi Matahari tahun 2020 tidak diadakan akibat penyebaran Covid-19 yang semakin meluas. Kegiatan ini digelar bersamaan dengan fenomena kulminasi matahari yang terjadi dua kali dalam satu tahun.

Peristiwa ini terjadi antara tanggal 21-23 Maret dan 21-23 September. Pada peristiwa ini bayangan benda atau objek di sekitar Tugu Khatulistiwa terlihat menghilang, sehingga dikenal juga dengan hari tanpa bayangan.

Editor : Andi Mohammad Ikhbal

Bagikan Artikel: