Fokus Penanganan Pascbencana, Gubernur Kalbar Berkantor di Wilayah Banjir 

Antara · Senin, 22 November 2021 - 15:03:00 WIB
Fokus Penanganan Pascbencana, Gubernur Kalbar Berkantor di Wilayah Banjir 
Gubernur Kalimantan Barat Sutarmidji memberikan bantuan sembako dari Presiden Joko Widodo ke Bupati Sintang Jarot Winarno. (Antara)

SINTANG, iNews.id - Gubernur Kalimantan Barat (Kalbar) Sutarmidji berkantor di wilayah banjir. Penanganan banjir di wilayah terdampak difokuskan untuk pascabencana.

"Ketinggian air sudah semakin berkurang. Setelah ini akan fokus pada penanganan pascabencana," ujar Sutarmidji di Sintang, Minggu (21/11/2021).

Dia mengatakan, saat terjadi banjir, pemerintah fokus pada upaya penyelamatan dan evakuasi korban, termasuk pengiriman bantuan.

Saat ini ketinggian air di berbagai wilayah terendam banjir mulai surut, sehingga penanganan diprioritaskan untuk pascabencana.

"Setelah banjir ini masyarakat masih harus memperbaiki berbagai kerusakan dan melakukan bersih-bersih rumah. Tentu mereka masih belum bisa kerja sehingga bantuan masih akan kita berikan," katanya.

Menurut Sutarmidji untuk penanganan pascabencana diperlukan kordinasi yang baik antara pemerinsah pusat, provinsi hingga kabupaten. Tujuannya agar bantuan yang diberikan tersalurkan dengan tepat.
 
Untuk penanganan pascabanjir, Sutarmidji mengaku setuju dengan permintaan Presiden Joko Widodo (Jokowi), yang meminta perusahaan sawit dan pertambangan di Kalbar melakukan penghijauan di daerah konservasi.

"Selain itu untuk pengerukan sungai Kapuas juga harus dilakukan. Sudah tiga tahun tidak di lakukan pengerukan dan terjadi pendangkalan," katanya.

Selain Sintang, wilayah di Kalbar yang terendam banjir adalah Sanggau, Sekadau, Melawi, dan Kapuas Hulu.

Editor : Reza Yunanto

Bagikan Artikel: