Gelar Sidang Tatap Muka, PN Pontianak Akan Terapkan Prokes Ketat

Antara ยท Jumat, 05 Maret 2021 - 09:54:00 WIB
Gelar Sidang Tatap Muka, PN Pontianak Akan Terapkan Prokes Ketat
Sidang virtual di Pengadilan Negeri Pontianak. (foto: Antara)

SPONTIANAK, iNews.id - Pengadilan Negeri (PN) Pontianak akan menggelar sidang tatap muka. Untuk mencegah penularan Covid-19, diberlakukan protokol kesehatan (prokes) yang ketat.

"Penerapan prokes merupakan komitmen kami sejak awal," kata Humas PN Pontianak, Moch Ichwanudin di Pontianak, Jumat (5/3/2021).

Dia yang terpenting adalah 3M, memakai masker, mencuci tangan pakai sabun, dan menjaga jarak, kursi-kursi yang ada di Pengadilan Negeri juga sudah diberi jarak, diberi tanda X di setiap kursi yang berdempetan

Dia mengatakan, penerapan prokes ini tidak bisa hanya dari PN Pontianak saja, namun juga seluruh pihak yang berkepentingan di pengadilan seperti kejaksaan, kepolisian, pihak rumah tahanan (rutan) dan lembaga pemasyarakatan (lapas). 

PN Pontianak terus menekankan penerapan 3M kepada para pihak di pengadilan yakni memakai masker, mencuci tangan pakai sabun, dan menjaga jarak. 

"Kursi-kursi yang ada di pengadilan juga sudah diberi jarak, diberi tanda X di setiap kursi yang berdempetan," katanya.

Kendati demikian, tahanan yang ada di lapas maupun rutan tidak diizinkan untuk datang langsung ke pengadilan karena sangat rentan terpapar Covid-19.

"Karena tahanan di dalam rutan atau lapas cenderung berkerumun, dengan adanya peraturan ini membuat tidak ada tahanan yang keluar masuk rutan sehingga cukup mengikuti persidangan secara virtual saja,” ujarnya.

Lingkungan pengadilan pun menurutnya rawan penularan Covid-19. Petugas di pengadilan rawan tertular karena berhadapan langsung dengan pihak yang berperkara. Untuk itu PN Pontianak rutin melakukan tes usap.

Selama ini PN Pontianak menggelar sidang secara virtual, namun hal tersebut memiliki beberapa kendala, seperti masalah koneksi internet. Sedangkan volume perkara yang disidangkan cenderung menurun. 

Editor : Reza Yunanto

Follow Berita iNewsKalbar di Google News

Bagikan Artikel: