Gubernur Kalbar Lapor Jokowi Soal Penyebab Banjir Sintang: Alam Kita Sudah Rusak

Antara ยท Kamis, 18 November 2021 - 08:55:00 WIB
Gubernur Kalbar Lapor Jokowi Soal Penyebab Banjir Sintang: Alam Kita Sudah Rusak
Gubernur Kalimantan Barat Sutarmidji menyampaikan kondisi terkini banjir Sintang kepada Presiden Joko Widodo secara virtual.. (Antara)

PONTIANAK, iNews.id - Gubernur Kalimantan Barat (Kalbar) Sutarmidji menyampaikan kondisi terkini banjir di Sintang kepada Presiden Joko Widodo (Jokowi). Sutarmidji membenarkan kalau banjir di Sintang akibat kerusakan alam yang sudah bertahun-tahun.

"Kondisi alam kita saat ini memang banyak yang sudah rusak. Sebagian dikarenakan penebangan hutan dan beberapa aktivitas perkebunan dan pertambangan," kata Sutarmidji yang menyampaikan laporan kepada presiden secara virtual, Rabu (17/11/2021).

Menurut Sutarmidji, apa yang disampaikan Presiden Jokowi tentang penyebab terjadinya banjir di Sintang memang benar.

Presiden Jokowi sebelumnya menyebut kalau banjir di Sintang akibat rusaknya daerah tangkapan banjir yang telah terjadi bertahun-tahun lamanya. 

Menurut Sutarmidji, sebagian besar perusahaan telah memanfaatkan kayu yang ada. Namun setelah ditebang habis hanya dibiarkan begitu saja tanpa ada upaya untuk menanam pohon kembali.

"Walaupun bisa menambah pemasukan negara, tapi ini tidak memadai. Karena setelah menebang habis tidak ada penanaman kembali pohon," ujarnya.

Editor : Reza Yunanto

Halaman : 1 2

Bagikan Artikel: