Gubernur Kalbar Minta OPD Buat SOP Pelayanan Publik yang Berkualitas

Antara ยท Selasa, 01 Juni 2021 - 16:51:00 WIB
Gubernur Kalbar Minta OPD Buat SOP Pelayanan Publik yang Berkualitas
Gubernur Kalimantan Barat Sutarmidji. (Antara)

PONTIANAK, iNews.id - Gubernur Kalimantan Barat (Kalbar) Sutarmidji meminta Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di provinsi harus memiliki standar operasional prosedur (SOP) yang jelas dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat. Dia meminta pelayanan yang diberikan tiap OPD harus berkualitas.

"Ini wajib. Setiap OPD harus ada SOP-nya. Semakin mudah pelayanan publik yang diberikan maka akan semakin berkualitas" kata Sutarmidji di Pontianak, Selasa (1/6/2021).

Sutarmidji mengatakan, selain menetapkan SOP yang jelas, setiap OPD juga harus terus-menerus melakukan evaluasi terhadap penerapan SOP tersebut. SOP yang dimiliki harus bisa membuat layanan publik semakin mudah diakses.

"Layanan publik harus mudah diakses. Karena semakin mudah SOP diakses, maka semakin bekualitas layanan publik tersebut," tutur mantan Wali Kota Pontianak ini.

Dia menambahkan, Pemerintah Provinsi Kalbar telah melakukan inovasi-inovasi yang membuat layanan kepada publik semakin baik, transparan, dan maju. Dengan cara itu, Kalbar berharap bisa segera bangkit.

"Dengan cara seperti itu Kalbar akan cepat bangkit. Suatu daerah baru bisa maju dan bersaing apabila standar dan layanan publiknya sudah baik. Apabila masyarakat ngurus izin apa pun berbelit-belit, maka akan susah bersaing dan maju," tuturnya.

Sementara itu, Kepala Ombudsman Perwakilan Kalbar, Agus Priyadi menyoroti komitmen kepala daerah. Menurutnya tak cukup hanya layanan publik yang mudah, yang diberikan OPD. Kepatuhan setiap ketentuan harus menjadi komitmen bersama bagi setiap kepala daerah.

"Ternyata komitmen kepala daerah itu sangat penting untuk perubahan dan kemajuan suatu daerah. Tidak hanya dari segi pelayanan yang bagus dan mudah," tuturnya.

Editor : Reza Yunanto

Bagikan Artikel: