Gubernur Sutarmidji Larang Pesta Pernikahan karena Kalbar Berada di Zona Kuning

Antara ยท Kamis, 25 Juni 2020 - 07:36 WIB
Gubernur Sutarmidji Larang Pesta Pernikahan karena Kalbar Berada di Zona Kuning
Gubernur Kalimantan Barat Sutarmidji (Antara)

PONTIANAK, iNews.id - Gubernur Kalimantan Barat (Kalbar) Sutarmidji meminta warga tidak menggelar pesta pernikahan di tengah pandemi Covid-19. Sutarmidji beralasan sejumlah wilayah di Kalbar masih zona kuning dan oranye.

"Resepsi atau pesta pernikahan belum boleh dilaksanakan karena Kalbar masih berada di zona kuning," kata Sutarmidji di Pontianak, Rabu (24/6/2020).

Penegasan yang sama juga disampaikan Kepala Dinas Kesehatan Kalbar, Harisson. Menurutnya, pesta pernikahan bisa digelar bila wilayah tersebut telah berstatus zona hijau.

Harisson mengatakan, kalau pun akan melangsungkan pernikahah hanya sebatas akad nikah tanpa mengundang banyak orang.

"Kalau pun ada yang akan melaksanakan pernikahan, sementara ini cukup dengan akad nikah saja yang dihadiri calon pengantin, petugas, wali nikah dan keluarga dekat saja," katanya.

Harisson mengatakan, hal ini perlu diingatkan kembali karena pihaknya melihat masyarakat menganggap masa kenormalan baru ini, semua aktivitas boleh dilakukan.

Dia mencontohkan, meski sudah diminta untuk tidak menggelar resepsi pernikahan, masih saja ada masyarakat yang menggelar pesta di tengah pandemi Covid-19 dengan bersalaman, bahkan berpelukan pada saat resepsi saat menerima tamu.

"Ini tentu sangat riskan karena bisa menjadi klaster baru dari penyebaran Covid-19. Karena di daerah lain banyak klaster baru bahkan sudah ada yang meninggal setelah menghadiri resepsi perikahan," tuturnya.


Editor : Reza Yunanto