Gubernur Sutarmidji Minta Rapid Test di Kalbar Digencarkan

iNews.id ยท Senin, 29 Juni 2020 - 13:49 WIB
Gubernur Sutarmidji Minta Rapid Test di Kalbar Digencarkan
Gubernur Kalimantan Barat Sutarmidji (Antara)

PONTIANAK, iNews.id - Angka kesembuhan pasien Covid-19 di Kalimantan Barat terus meningkat. Gubernur Sutarmidji meminta kabupaten dan kota menggencarkan rapid test agar orang yang terjangkit cepat diketahui.

"Saran saya kepada seluruh Kabupaten Kota se-Kalbar, lakukan rapid test sebanyak-banyaknya agar dapat menjaring mereka yang terpapar virus," kata Sutarmidji dikutip dari laman Facebook-nya yang diunggah Senin (29/6/2020).

Sutarmidji mengatakan bukan tanpa alasan rapid test perlu digencarkan. Saat ini lebih dari 90 persen merupakan Orang Tanpa Gejala (OTG). Dengan rapid test, maka orang yagn terjangkit virus bisa lebih cepat diketahui dan penanganan.

"Agar mudah disembuhkan dan yang terpapar virus tidak menjadi media keterjangkitan," ujar mantan Wali Kota Pontianak dua periode ini.

Sutarmidji juga berpesan agar masyarakat Kalbar terus menjaga imunitas diri sehingga tak mudah terjangkit Covid-19 dan dispilin menerapkan protokol kesehatan di tengah situasi pandemi.

"Ayo jaga imunitas tubuh kita dan hidup dalam disiplin," ujarnya.

Hingga Senin (29/6/2020) jumlah kasus positif di Kalbar mencapai 321 orang. Dari jumlah itu, sebanyak 259 orang telah sembuh dan 4 meninggal dunia. Masih ada 58 orang yang menjalani perawatan dan isolasi.


Editor : Reza Yunanto