Gubernur Sutarmidji: Pertamina Harus Selesaikan Kelangkaan Elpiji Bersubsidi di Kalbar

Antara ยท Jumat, 31 Juli 2020 - 09:23 WIB
Gubernur Sutarmidji: Pertamina Harus Selesaikan Kelangkaan Elpiji Bersubsidi di Kalbar
Gubernur Kalimantan Barat Sutarmidji (Antara)

PONTIANAK, iNews.id - Gubernur Kalimantan Barat (Kalbar) Sutarmidji meminta Pertamina segera mengatasi kelangkaan elpiji bersubsidi di wilayahnya. Sebab hampir semua masyarakat di Kalbar saat ini sulit mendapatkan elpiji bersubsidi.

"Ini harus segara diselesaikan," kata Sutarmidji di Kantor Gubernur, Kamis (30/7/2020) malam.

Sutarmidji mengatakan, Pemerintah Provinsi Kalbar sudah menurunkan Satpol PP untuk melakukan razia terhadap agen-agen dan pangkalan penjual elpiji bersubsidi.

Menurutnya ada persoalan tata niaga penjualan elpiji bersubsidi sehingga terjadi kelangkaan di Kalbar.

"Sekarang tata niaganya semua bisa diatur. Dari agen ke pangkalan lalu ke pengecer. Kalau terjadi kelangkaan, agen yang harus bertanggung jawab," tuturnya.

Sutarmidji mengatakan, berdasarkan data terpadu Pemprov Kalbar, jumlah keluarga sejahtera atau orang miskin di Kalbar ada 462.000.

Dengan pasokan elpiji bersubsidi yang disediakan Pertamina selama ini, dirinya meyakini stok elpiji tabung 3 kilogram seharusnya mencukupi dan tidak terjadi kelangkaan.

"Jadi kalau ada agen yang nakal-nakal, berhentikan saja dan ganti yang lain," kata mantan Wali Kota Pontianak dua periode ini.

Sebelumnya, kelangkaan elpiji dilaporkan terjadi dalam sebulan terakhir di Pontianak, Kubu Raya, Singkawang, dan Sambas. Pertamina menggelar operasi pasar di empat wilayah di Kalbar itu untuk menjamin masyarakat mendapat elpiji bersubsidi sesuai dan tidak melebihi Harga Eceran Tertinggi (HET).


Editor : Reza Yunanto