Gubernur Sutarmidji Sebut Rapid Test Masif Kunci Menekan Kasus Covid-19 di Kalbar

Antara ยท Jumat, 03 Juli 2020 - 13:48 WIB
Gubernur Sutarmidji Sebut Rapid Test Masif Kunci Menekan Kasus Covid-19 di Kalbar
Gubernur Sutarmidji mengikuti diskusi daring Gugus Tugas Covid-19 pusat, Jumat (3/7/2020). (Antara)

PONTIANAK, iNews.id - Gubernur Kalimantan Barat Sutarmidji menyebut telah memperbanyak rapid test di wilayahnya. Peningkatan jumlah rapid test menurutnya salah satu kunci untuk menekan penularan Covid-19.

"Rapid test itu harus sebanyak-banyaknya," kata Sutarmidji dalam diskusi daring bersama Gugus Tugas Percepatan Penangan Covid-19 pusat, Jumat (3/7/2020).

Sutarmidji mengatakan, sebagai kepala daerah selalu berkoordinasi dengan kabupaten/kota di Kalbar untuk memantau perkembangan penanganan Covid-19 setiap hari.

Menurut Sutarmidji, rapid test menjadi penting karena sampai saat ini masih menjadi satu-satunya alat untuk menjaring orang yang terpapar virus corona baru itu.

Dia menyebut, salah satu daerah di Kalbar yang paling banyak melakukan rapid test terbukti memiliki risiko penularan Covid-19 yang semakin kecil.

Sutarmidji memberi contoh bagaimana Kota Pontianak memiliki 118 kasus positif dengan diperkirakan 40 persen masyarakat kota itu terdampak virus. Namun pemerintah setempat langsung melakukan rapid test kepada sekitar 23.000 orang.

"Saat ini Pontianak hampir tidak memiliki kasus baru dalam dua pekan terakhir," ujar pria yang juga mantan Wali Kota Pontianak ini.

Sutarmidji juga menyebut dari jumlah 336 kasus positif di Kalbar, sebanyak 271 orang sudah sembuh hingga Kamis (2/7/2020) kemari.

Dia memastikan pemerintah terus memantau kondisi pasien yang masih dalam tahap penyembuhan untuk memastikan imunitas mereka tetap terjaga serta tingkat kesembuhan mereka.


Editor : Reza Yunanto