Hasil Menjanjikan, Peternak Sapi di Kubu Raya Beralih ke Budi Daya Lobster

Uun Yuniar · Kamis, 08 Oktober 2020 - 21:00:00 WIB
Hasil Menjanjikan, Peternak Sapi di Kubu Raya Beralih ke Budi Daya Lobster
Peternak sapi di Kubu Raya, Kalbar menyulap kandangnya menjadi kolam lobster air tawar karena hasilnya lebih menjanjikan di masa pandemi Covid-19. (Foto: iNews/Uun Yuniar)

KUBU RAYA, iNews.id - Peternak sapi di Kabupaten Kubu Raya Kalimantan Barat kini beralih ke budi daya lobster air tawar lantaran hasilnya sangat menjanjikan di tengah pandemi Covid-19. Bahkan, peternak lobster kewalahan memenuhi permintaan pasar.

Peternak lobster, Ahmad Arsyad mengatakan, permintaan lobster air tawar di tengah pandemi virus corona terus meningkat. Karena itu, dia menggandeng ibu-ibu rumah tangga yang ada di Kecamatan Rasau Jaya Dua untuk mengikuti jejaknya memelihara lobster air tawar.

Arsyad menurutkan, budi daya lobster air tawar yang baru di jalaninya sejak pertengahan Januari 2020 lalu itu terus berkembang. Arsyad pun menyulap kandang sapi di belakang rumah menjadi kolam lobster. Saat ini, jumlah bibit yang tersedia sebanyak 16.000 ekor.

Ahmad mengaku tertarik dengan budi daya lobster air tawar lantaran pangsa pasarnya masih menjanjikan. “Saya awalnya ternak sapi. Begitu melihat peluang budi daya lobster sangat bagus saya kemudian beralih ke lobster air tawar,” katanya, Kamis (8/10/2020).

Sejak pandemi Covid-19 melanda dunai termasuk Indonesia, Ahmad mengaku permintaan lobster air tawar sangat tinggi.
“Saya sampai kewalahan memenuhi permintaan pasar. Saya kemudian ajak ibu-ibu di sini untuk budi daya lobster,” ujarnya.

Kepala Desa Rasau Jaya Dua, Agus Supoyo mengatakan, pemerintah desa sangat mendukung budi daya lobster air tawar yang kini banyak dilakukan warganya.

“Di tengah pandemi Covid-19 ini, ternyata bisnis lobster air tawar masih menjanjikan,” katanya.


Editor : Kastolani Marzuki