Helikopter Kodam Tanjungpura Bantu Distribusi Bantuan Covid-19 di Sanggau Kalbar

Antara ยท Jumat, 08 Mei 2020 - 11:48 WIB
Helikopter Kodam Tanjungpura Bantu Distribusi Bantuan Covid-19 di Sanggau Kalbar
Helikpoter milik Kodam XII Tanjungpura mengangkut beras bantuan warga terdampak Covid-19. (Foto: Ist/Antara)

PONTIANAK, iNews.id - Kodam XII Tanjungpura membantu Pemerintah Provinsi Kalimantan Barat (Kalbar) mendistribusikan bantuan sembako untuk masyarakat terdampak Covid-19. Sebuah helikopter dikerahkan untuk mengangkut bantuan ke wilayah terpencil di Kabupaten Sanggau.

"Pengiriman bantuan beras diangkut menggunakan helikopter dari Pos Kotis Satgas Pamtas Yonif Raider 641/Bru melalui Kecamatan Entikong, Kabupaten Sanggau menuju Desa Sungkung 3," kata Kapendam XII Tanjungpura Kolonel Inf Aulia Fahmi Dalimunthe di Pontianak, Kamis (7/5/2020).

Dia mengatakan, Desa Sungkung 3 ini jaraknya lebih dekat dari Kecamatan Entikong ketimbang ke ibu kota kecamatannya sendiri, yaitu Kecamatan Siding. Wilayah itu sulit diakses kendaraan melalui jalan darat lantaran jalan dalam kondisi berlumpur dan sangat licin. Helikopter yang membawa bantuan mendarat di lapangan Dusun Senoleng di desa tersebut

"Hari ini helikopter hanya melaksanakan dua kali droping beras ke Sungkung 3. Ini dilakukan demi faktor keamanan karena cuaca sudah mulai mendung," katanya.

Helikopter terbang sebanyak dua kali dari Entikong ke lapangan tersebut. Untuk setiap kali terbang, helikopter mampu membawa sebanyak 50 karung beras.

"Menggunakan helikopter jenis Bell, bantuan beras ini diangkut agar manfaatnya dapat segera dirasakan oleh masyarakat Sungkung 3," katanya.

Dia mengatakan, total beras yang sudah dikirim ke Desa Sungkung 3 berjumlah 1 ton. Usai diturunkan dari helikopter, selanjutnya beras dibawa oleh Babinsa dan perangkat desa untuk kemudian dibagikan pada masyarakat.


Editor : Reza Yunanto