HET Dicabut, Minyak Goreng di Singkawang Dipastikan Cukup hingga Lebaran

Antara ยท Selasa, 22 Maret 2022 - 12:16:00 WIB
HET Dicabut, Minyak Goreng di Singkawang Dipastikan Cukup hingga Lebaran
Minyak goreng curah. (foto dok iNews)

SINGKAWANG, iNews.id - Pencabutan Harga Eceran Tertinggi (HET) membuat ketersediaan minyak goreng di Kota Singkawang, Kalimantan Barat kembali mencukupi. Bahkan stok minyak goreng yang tersedia mencukupi hingga Lebaran.

Kepala Dinas Perindustrian, Perdagangan, Koperasi, dan UKM Kota Singkawang, Muslimin mengatakan terus melakukan pemantauan bersama Satgas Pangan untuk memastikan ketersediaan itu.  

Namun kenyataan di lapangan memang tidak semua toko baik modern maupun tradisional memiliki stok minyak goreng.

"Untuk sebagian pasar, baik modern maupun tradisional sudah ada. Hanya saja untuk harganya sangat bervariasi," kata  Muslimin, Selasa (22/3/2022).

Muslimin mengatakan, berdasarkan kebijakan yang diatur Kementerian Perdagangan bersama sub-player (PT Wilmar) menjamin untuk ketersediaan minyak goreng baik di distributor sampai ke toko-toko modern maupun tradisional.

Namun dengan catatan sesuai dengan aturan yang berlaku di pasaran setelah HET dicabut.

Oleh karena itu, pemantauan dilakukan untuk memastikan adanya jaminan dari Kemendag maupun Wilmar terkait ketersediaan minyak goreng.

Menurut Muslimin, pemantauan ini juga untuk memastikan HET minyak goreng curah sesuai yang ditetapkan pemerintah yakni Rp14.500 per liter atau Rp15.500 per kilogram.

"Kami upayakan khusus di bulan suci Ramadan sampai dengan Idul Fitri diharapkan ada alokasi minyak goreng curah. Sesuai dengan aturan yang berlaku minyak goreng curah masih ada HET," katanya.

Editor : Reza Yunanto

Follow Berita iNewsKalbar di Google News

Bagikan Artikel: