Inovasi PACRI, Warga Pontianak Bisa Cetak Sehari Data Kependudukan

Antara · Selasa, 02 Agustus 2022 - 13:57:00 WIB
Inovasi PACRI, Warga Pontianak Bisa Cetak Sehari Data Kependudukan
Wali Kota Pontianak Edi Rusdi Kamtono saat meresmikan Anjungan Dukcapil Mandiri. (Foto: Pemkot Pontianak)

PONTIANAK, iNews.id - Pemerintah Kota (Pemkot) Pontianak meluncurkan inovasi baru layanan administrasi kependudukan. Warga kini bisa menikmati Pelayanan Cetak Sehari (PACRI).

"Dengan adanya PACRI ini masyarakat bisa menerima dokumen kependudukannya hanya dalam waktu sehari," ujar Kepala Dinas Dukcapil Kota Pontianak, Erma Suryani, Selasa (2/8/2022).

Menurut Erma, kehadiran PACRI untuk mempercepat dan mempermudah pelayanan publik di Kota Pontianak, terutama yang berkaitan dengan administrasi kependudukan (adminduk).

Sebelum ada PACRI, layanan adminduk di Kota Pontianak bisa memakan waktu hingga tujuh hari. Hal ini sering menimbulkan keluhan dari warga.

"Kami berharap dengan adanya layanan PACRI ini masyarakat yang melakukan pengurusan dokumen kependudukan bisa terlayani dengan maksimal," katanya.  

Menurutnya, beberapa hal yang dilakukan untuk pemenuhan pelayanan cetak sehari ini antara lain pemangkasan alur pelayanan dari delapan menjadi lima alur pelayanan. 

Kemudian juga menambah jumlah front office dari enam menjadi sebelas loket. Kemudian mengintegrasikan pelayanan antarbidang hingga penguatan SDM, mengoptimalkan pelayanan mobil keliling, serta Anjungan Dukcapil Mandiri (ADM) di Disdukcapil Kota Pontianak. 

"Kami berkomitmen memberikan pelayanan yang terbaik, cepat dan mudah,"ujarnya.

Editor : Reza Yunanto

Bagikan Artikel: