Jelang Musim Kemarau, Polda Kalbar Ingatkan Warga Tak Bakar Lahan

Antara · Rabu, 07 April 2021 - 16:56:00 WIB
Jelang Musim Kemarau, Polda Kalbar Ingatkan Warga Tak Bakar Lahan
Kabid Humas Polda Kalbar Kombes Donny Charles Go. (Foto: Antara)

PONTIANAK, iNews.id - Polda Kalimantan Barat (Kalbar) mengingatkan masyarakat agar tidak membakar lahan untuk mencegah kebakaran hutan dan lahan (karhutla). Apalagi saat ini menjelang musim kemarau.

"Meskipun saat ini belum musim kemarau, tetapi kami mengingatkan masyarakat agar tidak membuka lahan dengan cara dibakar," kata Kabid Humas Polda Kalbar Kombes Donny Charles Go di Pontianak, Rabu (7/4/2021).

Anggota Polda Kalbar memadamkan kebakaran hutan dan lahan tahun 2021. (Foto: Polda Kalbar)
Anggota Polda Kalbar memadamkan kebakaran hutan dan lahan tahun 2021. (Foto: Polda Kalbar)

Donny mengatakan, meski karhutla di Kalbar saat ini sudah berkurang namun patroli dengan instansi lain tetap dilakukan. Salah satunya untuk melakukan sosialisasi pencegahan.

"Karena dalam mencegah karhutla bukan hanya tugas aparat kepolisian dan TNI saja melainkan tugas bersama dalam menciptakan lingkungan yang bersih dan nyaman bagi kesehatan," ujarnya.

Menurut Donny Polda Kalbar telah melakukan penegakan hukum karhutla. Ada delapan orang tersangka dari tujuh kasus karhutla selama 2021 ini. 

"Tujuh kasus yang terungkap itu ada di beberapa polres dan yang terbanyak ada di Polres Mempawah sebanyak tiga kasus. Polres lainnya sebanyak satu sampai dua kasus," katanya.

Sedangkan untuk pelaku korporasi, kata Donny, Direktorat Reserse Kriminal Khusus Polda Kalbar sedang melakukan penyelidikan di lokasi kebakaran.

"Diduga ada beberapa hotspot berdasarkan pantauan satelit berada di wilayah konsesi perusahaan," ujarnya.

Editor : Reza Yunanto