Jokowi Dukung Pengembangan Vaksin Merah Putih dan Nusantara

Dita Angga · Jumat, 12 Maret 2021 - 15:10:00 WIB
Jokowi Dukung Pengembangan Vaksin Merah Putih dan Nusantara
Presiden Joko Widodo (Foto: Biro Setpres/Muchlis Jr)

JAKARTA, iNews.id - Presiden Joko Widodo mendukung penelitian dan pengembangan vaksin Covid-19 yang dilakukan oleh warga negara Indonesia. Inovasi tersebut diharapkan bisa mewujudkan kemandirian vaksin sehingga bisa mempercepat vaksinasi .

"Dalam situasi pandemi saat ini, tentu kita semuanya mendukung adanya penelitian dan pengembangan baik itu obat maupun vaksin, agar terwujud kemandirian di bidang farmasi. Sekaligus untuk percepatan akses ketersediaan vaksin di masa pandemi Covid-19 ini," kata Jokowi dalam konferensi pers yang disiarkan di Youtube Setpres, Jumat (12/3/2021).

Jokowi menyebut dua vaksin Covid-19 yang sedang dikembangkan anak negeri yakni Vaksin Merah Putih, dan Vaksin Nusantara

Menurut Jokowi, pengembangan dua vaksin itu harus terus mendapat dukungan. Sebab inovasi merupakan kunci bagi kemajuan sebuah negara, tidak terkecuali Indonesia dalam menghadapi pandemi Covid-19 ini.

Namun Jokowi tetap berpesan agar vaksin yang dikembangkan anak negeri itu memenuhi standar saintifik, sehingga dapat bermanfaat dan aman bagi masyarakat.

"Mereka juga harus mengikuti kaidah-kaidah saintifik, kaidah-kaidah keilmuan. Dan uji klinis harus dilakukan sesuai prosedur yang berlaku terbuka, transparan serta melibatkan banyak ahli," kata mantan Wali Kota Solo ini.

Editor : Reza Yunanto

Bagikan Artikel: