Jokowi Minta Antisipasi Kebakaran Hutan dan Lahan Jelang Kemarau

Okezone.com ยท Selasa, 23 Juni 2020 - 13:27 WIB
Jokowi Minta Antisipasi Kebakaran Hutan dan Lahan Jelang Kemarau
Presiden Jokowi

JAKARTA, iNews.id - Presiden Joko Widodo (Jokowi) meminta ada antisipasi terjadinya kebakaran hutan dan lahan (karhutla). Sebagian besar wilayah di Indonesia akan memasuki musim kemarau pada Agustus mendatang.

"Saya mendapat laporan bahwa 17% wilayah kita mengawali musim kemarau di bulan April, 17% di April dan 38% memasuki musim kemarau di bulan Mei, 27% masuk awal musim kemarau di Juni dan kemarau di sebagaian besar daerah zona ini akan terjadi Agustus," ujar Jokowi dalam Rapat Terbatas di Istana Negara, Jakarta, Selasa (23/6/2020).

Jokowi menyampaikan data yang diperoleh dari Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) tentang sejumlah daerah yang akan dilanda kemarau. Menurutnya, masih ada waktu satu bulan untuk mengantisipasi karhutla.

"Kita masih memiliki persiapan satu bulan untuk mengingatkan ini meskipun seingat saya Januari atau Februari kita sudah membahas sebuah rapat besar di sini," ucapnya.

Mantan Gubernur DKI Jakarta ini meminta agar update mengenai karhutla dilakukan secara berkala. Pemanfaatan teknologi menurutnya bisa digunakan semaksimal mungkin untuk mendapatkan informasi rinci dan detail mengenai karhutla.

"Update informasi ini sangat penting sekali, manfaatkan teknologi untuk peningkatan monitoring dan pengawasan dengan sistem dashboard. Saya lihat di Riau, Polda Riau saya kira sangat bagus memberikan sebuah contoh dan saya melihat langsung dashboard itu bisa menggambarkan situasi di lapangan secara rinci dan detail,” ujarnya.


Editor : Reza Yunanto