Kalbar Dilanda Kabut Asap, Warga Disarankan Pakai Masker Tiga Lapis

Antara ยท Kamis, 04 Maret 2021 - 09:12:00 WIB
Kalbar Dilanda Kabut Asap, Warga Disarankan Pakai Masker Tiga Lapis
Kabut asap akibat karhutla dirasakan warga Pontianak. (Foto: iNews/Uun Yuniar)

PONTIANAK, iNews.id - Kalimantan Barat (Kalbar) dilanda kabut asap akibat kebakaran hutan dan lahan (karhutla). Warga diminta membatasi aktivitas di luar rumah.

Selain itu warga disarankan untuk memakai masker tiga lapis atau masker medis bila terpaksa melakukan aktivitas di luar rumah.

"Masker yang digunakan ini boleh masker jenis kain, tetapi jangan satu lapis. Bisa menggunakan yang masker kain tiga lapisan atau bisa juga masker medis dengan tiga lapisan," kata Kepala Dinas Kesehatan Kalbar Harisson, Kamis (4/3/2021).

Harisson juga meminta warga memerhatikan ventilasi udara di rumah agar lebih tertutup. Hal itu untuk mencegah asap masuk ke rumah.

Harisson mengingatkan dampak buruk asap karhutla bisa menyebabkan gangguan pernapasan seperti asma, bronkitis, infeksi saluran pernapasan atas (ISPA) hingga radang selaput lendir. Namun hingga kini belum ada laporan korban akibat kabut asap.

"Namun dari laporan dinas kesehatan kabupaten/kota masih belum ada penambahan kasus tersebut yang diakibatkan oleh kabut asap," ujarnya.

Editor : Reza Yunanto