Kalbar Mayoritas Zona Hijau, Pembukaan Tempat Hiburan Kewenangan Pemda Setempat

Antara ยท Rabu, 22 Juli 2020 - 09:13 WIB
Kalbar Mayoritas Zona Hijau, Pembukaan Tempat Hiburan Kewenangan Pemda Setempat
Kepala Dinkes Kalimantan Barat dr Harisson. (Foto: Antara)

PONTIANAK, iNews.id - Sejumlah tempat hiburan di Kalimantan Barat (Kalbar) belum dibuka meski mayoritas daerah sudah zona hijau. Pembukaan tempat hiburan menjadi kewenangan pemerintah daerah (Pemda) setempat.

"Dengan semakin berkurangnya angka masyarakat yang terpapar Covid-19, sehingga kita mempersilakan kepada pemda untuk menjalankan kewenangannya membuka tempat kembali tempat hiburan," kata Kepala Dinas Kesehatan Kalbar, Harisson di Pontianak, Selasa (21/7/2020).

Harisson mengatakan, pembukaan tempat hiburan tetap memerhatikan penerapan protokol kesehatan. Pemda yang memiliki kewenangan membuka dan menutup tempat hiburan seperti kafe, restoran, dan sarana keramaian lainnya, tetap harus bisa memfasilitasi dan mengawasi penerapan protokol kesehatan di berbagai tempat itu.

"Prinsipnya adalah masyarakat harus benar-benar disiplin menjalankan protokol kesehatan," katanya.

Melansir data Dinkes Kalbar, jumlah kasus positif hingga Rabu (22/7/2020) pagi masih tetap 359 orang. Selama hampir sepekan tidak ada lagi penambahan kasus positif. Sedangkan pasien yang sembuh mencapai 351 orang, dan empat pasien meninggal dunia.

Dengan catatan itu, kini pasien positif di Kalbar tersisa empat orang saja. Sedangkan angka kesembuhan di Kalbar mencapai 97 persen yang merupakan angka tertinggi di Indonesia.


Editor : Reza Yunanto