Kalbar Tak Ada Kasus Positif, Gubernur Sutarmidji: Bukan Berarti Kita Bebas Covid-19

Reza Yunanto ยท Kamis, 23 Juli 2020 - 12:11 WIB
Kalbar Tak Ada Kasus Positif, Gubernur Sutarmidji: Bukan Berarti Kita Bebas Covid-19
Gubernur Kalimantan Barat Sutarmidji (Antara)

PONTIANAK, iNews.id - Gubernur Sutarmidji bersyukur semua pasien positif Covid-19 di Kalimantan Barat (Kalbar) telah sembuh. Dia berharap tidak ada lagi kasus positif yang ditemukan setelah ini.

"Alhamdulillah per hari ini kasus positif Covid yang diisolasi sudah tidak ada," kata Sutarmidji dikutip dari laman Facebook pribadinya, Kamis (23/7/2020).

Kendati demikian, pria yang akrab disapa Bang Midji ini meminta masyarakat Kalbar tak lengah dan tetap menerapkan protokol kesehatan. Sebab penularan virus dari Wuhan, China itu masih mungkin terjadi di manapun.

"Tapi bukan berarti kita bebas, karena tidak ada jaminan suatu daerah bebas Covid 100 persen," tuturnya.

Dia menuturkan, dari berbagai informasi yang diperoleh menyatakan virus ini sudah bermutasi lokal. Oleh karena itu, masyarakat tetap harus memakai masker dan sering cuci tangan.

Menurutnya, Pemprov Kalbar tetap akan menggencarkan razia masker di seluruh wilayah. Bila ada yang membandel tak memakai masker, akan langsung di-swab di lokasi.

"Tak pakai (masker) langsung swab dan di PCR. Jika terjaring kedua kalinya, saya pastikan Anda diisolasi," tuturnya.

Sebelumnya, sebanyak empat pasien positif Covid-19 di Kalimantan Barat dinyatakan pada Rabu (22/7/2020).
Hal itu dipastikan dari data Laporan Media Harian Covid-19 yang dilansir Satuan Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 pusat. Total kasus positif di Kalbar 359 orang. Pasien sembuh bertambah empat orang dari sebelumnya 351 orang menjadi 355 orang. Sedangkan pasien meninggal berjumlah empat orang.

Dengan demikian angka kesembuhan di Kalbar sudah mencapai 100 persen. Artinya, tak ada lagi kasus positif Covid-19 di Kalbar.


Editor : Reza Yunanto