Kalbar Tambah 24 Kasus Positif Covid-19, Terbanyak dari Kabupaten Landak

Antara ยท Rabu, 10 Juni 2020 - 10:08 WIB
Kalbar Tambah 24 Kasus Positif Covid-19, Terbanyak dari Kabupaten Landak
Dinas Kesehatan Kalbar melakukan rapid test di pasar. (Foto: Antara)

PONTIANAK, iNews.id - Provinsi Kalimantan Barat (Kalbar) mencatat penambahan 24 kasus positif terjangkit virus corona (Covid-19). Dari jumlah itu, sebanyak 12 orang berasal dari Kabupaten Landak.

"Dari 24 kasus tersebut, 12 di antaranya berada di Kabupaten Landak," kata Kepala Dinkes Kalbar, Harisson dalam keterangan kepada pers, Selasa (9/6/2020) malam.

Harisson mengatakan, peningkatan kasus positif Covid-19 di Kabupaten Landak menjadi perhatian khusus. Bukan hanya karena jumlahnya yang signifikan, tapi karena di wilayah itu sempat terbebas dari Covid-19.

"Ini tenttu menjadi perhatian khusus, karena belum lama ini Landak terbebas dari Covid-19," katanya.

Selain Kabupaten Landak, kasus positif juga berasal dari Kabupaten Sintang enam orang, Kabupaten Melawi lima orang, dan satu orang dari Kabupaten Kubu Raya.

Harisson mengatakan, 12 kasus positif di Kabupaten Landak merupakan transmisi lokal. Begitu juga dengan kasus di daerah lain. Bahkan salah satunya merupakan klaster lama penyebaran Covid-19 yang pernah ditangani.

"Di Kabupaten Melawi merupakan klaster lama yang sudah ada," katanya.

Harisson meminta masyarakat Kalbar tetap disiplin menerapkan protokol kesehatan Covid-19 dengan adanya penambahan 24 kasus positif tersebut. Disiplin itu perlu karena 24 orang tersebut merupakan Orang Tanpa Gejala (OTG)

"Kita tidak tahu siapa di sekeliling kita yang menderita Covid-19, karena mereka umumnya sehat namun memiliki penyakit ini," tuturnya.


Editor : Reza Yunanto