Polda Kalbar Tangkap 2 Pemalsu Surat Sehat Bebas Covid-19

Antara ยท Senin, 08 Juni 2020 - 16:48 WIB
Polda Kalbar Tangkap 2 Pemalsu Surat Sehat Bebas Covid-19
Polda Kalbar menangkap pemalsu surat sehat bebas Covid-19. (Foto: Polda Kalbar)

PONTIANAK, iNews.id - Polda Kalimantan Barat (Kalbar) menangkap dua tersangka pembuat surat keterangan sehat bebas Covid-19 palsu. Keduanya telah memalsukan surat untuk 38 orang penumpang maskapai penerbangan.

"Dari hasil pemeriksaan terhadap kedua tersangka terungkap sebanyak 38 korban," kata Direskrimum Polda Kalbar, Kombes Veris Septiansyah dalam keterangan kepada media di Mapolda Kalbar, Pontianak, Senin (8/6/2020).

Veris mengatakan, kedua orang yang ditangkap yakni MFD dan STR. Kedua tersangka dalam menjalankan aksinya sejak akhir Mei 2020.

Kedua tersangka mengincar calon penumpang maskapai penerbangan dari Pontianak tujuan Jakarta dengan melampirkan surat keterangan kerja palsu.

Dalam pengungkapan kasus ini, barang bukti yang diamankan yakni uang tunai sebesar Rp24 juta, 38 dokumen surat tugas kerja dan surat pernyataan bebas Covid-19, satu lembar resi pembayaran uang tiket penerbangan senilai Rp25 juta, dan satu lembar resi pembayaran uang tiket penerbangan senilai Rp16,8 juta.

"Kedua tersangka diancam pasal 263 KUHP, Jo pasal 55 KUHP atau pasal 58 KUHP," katanya.

Veris mengimbau kepada masyarakat yang ingin bepergian dengan maskapai penerbangan agar tidak tergiur dengan tawaran surat keterangan sehat bebas Covid-19 palsu. Sebab menggunakan surat palsu termasuk tindak pidana yang bisa diproses hukum.

"Memalsukan dokumen yang digunakan untuk perjalanan dalam masa pandemi Covid-19 adalah tindakan pidana sekaligus dapat membahayakan keselamatan orang lain," ujarnya.


Editor : Reza Yunanto