Kapal Karam di Sungai Mendalam Kapuas Hulu, 1 Orang Hilang Diduga Tenggelam

Antara ยท Jumat, 12 Juni 2020 - 10:43 WIB
Kapal Karam di Sungai Mendalam Kapuas Hulu, 1 Orang Hilang Diduga Tenggelam
Pencarian penumpang kapal karam yang diduga tenggelam di Sungai Mendalam, Kabupaten Kapuas Hulu, Kalbar. (Foto: Polsek Putussibau Utara)

KAPUAS HULU, iNews.id - Kapal longboat milik Sintang Orangutan Center (SOC) karam di Sungai Mendalam, Kecamatan Putussibau Utara, Kabupaten Kapuas Hulu, Kalimantan Barat. Seorang penumpang kapal hilang diduga tenggelam.

"Penumpang longboat SOR itu ada enam, saat karam lima orang selamat dan satu orang hilang dan diduga tenggelam," kata Kapolsek Putussibau Utara, Iptu Sutikno dihubungi, Kamis (11/6/2020).

Sutikno mengatakan, peristiwa tenggelamnya penumpang kapal tersebut terjadi pada Rabu (10/6/2020) malam, namun polisi baru menerima laporan pada keesokan harinya. Korban yang hilang bernama Paskalis Bayo.

Menurut Sutikno, petugas Polsek Putussibau Utara langsung mendatangi lokasi kejadian untuk melakukan pencarian dibantu warga.

"Tetapi korban belum ditemukan sehingga pencarian akan dilanjutkan kembali besok (pagi ini)," ujarnya.

Sutikno menjelaskan, penumpang yang selamat yaitu Nikio dan Budi, keduanya anggota SOC, Hitot (istri korban), Iloy (motoris longboat) dan Pakbang.

Dari keterangan penumpang yang selamat, kejadian kapal karam bermula saat mesin longboat 40 PK padam karena kehabisan bahan bakar.

Saat motoris belum sempat memindahkan selang minyak ke tangki cadangan, longboat terbawa arus yang deras dan menghantam akar kayu hingga longboat terbalik.

"Penumpang sempat berpegangan di badan longboat dan bergerak ke tepi sungai, namun korban sudah tidak terlihat karena kondisi hari yang sudah gelap," ujarnya.

Sutikno mengatakan, para penumpang termasuk istri korban berusaha mencari. Namun korban tidak ditemukan. Saat itu penumpang selamat memutuskan melanjutkan perjalanan menuju Dusun Nanga Ovaat dengan cara berdayung.


Editor : Reza Yunanto