Kapolda Kalbar Minta Warga Bantu Cegah Kebakaran Lahan dan Hutan

Reza Yunanto ยท Sabtu, 05 Maret 2022 - 12:20:00 WIB
Kapolda Kalbar Minta Warga Bantu Cegah Kebakaran Lahan dan Hutan
Kapolda Kalbar Irjen Suryanbodo Asmoro. (Foto: Humas Polda Kalbar).

PONTIANAK, iNews.id - Kebakaran lahan dan hutan (karhutla) mulai terjadi di Kalimantan Barat (Kalbar). Kapolda Kalbar Irjen Suryanbodo Asmoro meminta warga Kalbar membantu mencegah terjadinya karhutla.

Menurut Suryanbodo, penanganan karhutla tidak bisa dilakukan oleh satu instansi saja tapi membutuhkan kerja sama banyak pihak termasuk warga.

"Untuk itu saya merangkul seluruh masyarakat agar lebih peduli kepada lingkungan dengan tidak melakukan pembakaran hutan dan lahan," kata Suryanbodo usai Apel Siaga Karhutla di Rasau Jaya, Kubu Raya, Sabtu (5/3/2022).

Dia mengatakan, selama hampir dua tahun ini semua warga sama-sama berjuang melawan Covid-19. Namun saat ini tak hanya masalah virus saja. Ada banyak masalah yang harus ditangani dan salah satunya karhutla.

"Mari kita sama-sama bersatu mencegah dan melawan karhutla," tutur mantan Kepala Divisi Hukum Polri ini.

Menurutnya dari data Polda Kalbar, sejak 2019 hingga 2021 ada 170 laporan karhutla yang diproses Polda Kalbar beserta polres jajaran. Dari laporan yang ditangani itu ada 187 oran yang diamankan dan menjadi tersangka.

Suryanbodo mengatakan, pemilihan Rasau Jaya sebagai lokasi apel siaga karhutla karena lokasi ini terdapat banyak lahan gambut yang mudah terbakar.

Dampak karhutla ini menurutnya sangat besar bagi Indonesia dan khususnya Kalbar. Karena itu perlu kerja sama antara pemerintah, aparat penegak hukum dan juga warga.

Saat ini telah diterbitkan Peraturan Gubernur (Pergub) Kalbar Nomor 103. Pergub itu mengakomodir sanksi bagi pelanggaran aturan dalam pembukaan lahan berdasarkan kearifan lokal.

Editor : Reza Yunanto

Bagikan Artikel: