Kasus Positif Covid-19 di Landak Meningkat, Nakes Dilatih Ambil Sampel Swab

Antara ยท Kamis, 11 Juni 2020 - 11:23 WIB
Kasus Positif Covid-19 di Landak Meningkat, Nakes Dilatih Ambil Sampel Swab
Bupati Landak Karolin Margaret Natasa. (Antara)

LANDAK, iNews.id - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Landak, Kalimantan Barat melatih lebih banyak tenaga kesehatan (nakes) untuk mengambil sampel tes swab. Hal ini dilakukan untuk meningkatkan kesiapan Pemkab Landak menghadapi peningkatan kasus Covid-19.

Bupati Landak, Karolin Margret Natasha mengatakan, kegiatan ini digelar dalam rangka untuk meningkatkan kesiapsiagaan pemerintah daerah dalam penanganan Covid-19.

"Semoga ini jadi titik nol untuk memulai pengambilan sampel di puskesmas dan rumah sakit demi meningkatkan kesiapsiagaan dalam penanganan Covid-19," katanya di Landak, Rabu (10/6/2020).

Karolin mengatakan, kesiapan nakes di Pemkab Landak ini juga terkait rencana peningkatan upgrade Tes Cepat Molekuler (TCM).

"Kita sudah berkoordinasi terkait teknis upgrade TCM agar dapat digunakan untuk pemeriksaan Covid-19. SDM kita upgrade agar dapat mempercepat proses penanganan Covid-19 di Landak," tutur perempuan yang juga dokter ini.

Sebelumnya, Kepala Dinas Kesehatan Kalbar, Harisson mengatakan, peningkatan kasus positif Covid-19 di Kabupaten Landak menjadi perhatian khusus. Bukan hanya karena jumlahnya yang signifikan, tapi karena di wilayah itu sempat terbebas dari Covid-19.

"Ini tenttu menjadi perhatian khusus, karena belum lama ini Landak terbebas dari Covid-19," katanya.


Editor : Reza Yunanto