Kelelahan Padamkan Karhutla, Petugas BPBD Barito Selatan Meninggal

Antara · Jumat, 30 Juli 2021 - 09:25:00 WIB
Kelelahan Padamkan Karhutla, Petugas BPBD Barito Selatan Meninggal
Detik-detik Fahrul Fauzi ditandu usai mengalami sesak napas setelah memadamkan karhutla di Desa Pamait, Kecamatan Dusun Selatan. (Foto: BPBD Barito Selatan)

BARITO SELATAN, iNews.id - Petugas BPBD Barito Selatan meninggal dunia usai memadamkan kebakaran hutan dan lahan (karhutla). Dia mengalami kelelahan dan sesak napas setelah berjibaku memadamkan karhutla di Desa Pamait, Kecamatan Dusun Selatan, Kamis (29/7/2021).

Korban yakni Fahrul Fauzi (43). Dia bersama 35 personel BPBD Barito Selatan sebelumnya bertugas memadamkan karhutla di lokasi pada pukul 12.00 WIB.

"Pada saat istirahat, Fahrul Fauzi tiba-tiba mengalami sesak dan sakit di dada. Melihat kondisi itu anggota BPBD langsung memberikan pertolongan," ujar Kasi Kedaruratan BPBD Barito Selatan, Suwono, Jumat (30/7/2021).

Dijelaskan Suwono, lokasi karhutla memang tak mudah dijangkau. Korban bersama 35 personel harus berjalan kaki sejauh 1,5 kilometer melewati medan yang berat. 

Korban selanjutnya ditandu dengan kayu melewati medan berat untuk menuju ambulans yang menunggu. Setelah itu korban dibawa ke RSUD Jaraga Sasameh di Buntok. Sayangnya, nyawa korban tak tertolong saat tiba di rumah sakit.

"Korban sudah dibawa ke rumah duka dan akan dimakamkan hari ini di Raut Buntok," tuturnya.

Editor : Reza Yunanto