KJRI di Malaysia Pulangkan 6 WNI Kondisi Khusus, Ada Ibu dan Bayi Usia 3 Minggu

Antara ยท Jumat, 24 September 2021 - 13:59:00 WIB
KJRI di Malaysia Pulangkan 6 WNI Kondisi Khusus, Ada Ibu dan Bayi Usia 3 Minggu
KJRI di Malaysia memulangkan enam WNI kondisi khusus. Salah satunya ibu dan bayi berusia tiga minggu. (Foto: KJRI Kuching)

PONTIANAK, iNews.id - Konsulat Jenderal Republik Indonesia (KJRI) Kuching kembali memulangkan enam warga negara Indonesia (WNI) dari Malaysia. Salah satunya yakni ibu melahirkan bersama bayi berusia tiga minggu.

"Di antara enam orang yang kami bantu pemulangannya itu, ada seorang WNI bernama Rasti asal Kabupaten Jeneponto, Sulawesi Selatan beserta bayinya Nur Aqia yang masih berumur tiga minggu," ujar Kepala KJRI Kuching, Yonny Tri Prayitno, Jumat (24/9/2021).

Yonny menjelaskan, Rasti  melahirkan di Rumah Sakit Sibu di Sarawak. Namun izin tinggalnya di Malaysia telah habis atau overstay. Imigrasi Malaysia di Sibu menyerahkan Rasti dan bayinya ke KJRI Kuching.

"Atas koordinasi yang baik dengan Imigresen Sibu, yang bersangkutan bersama bayinya diserahkan ke KJRI Kuching untuk dibantu pemulangannya," ujarnya.

Menurutnya, enam WNI kondisi khusus tersebut ditampung sementara di shelter atau rumah perlindungan KJRI Kuching.

Sebelum dipulangkan ke Indonesia, mereka telah melakukan tes Covid-19 di Rumah Sakit (Hospital) KPJ Kuching dengan hasil negatif. Proses repatriasi atau pemulangan keenam WNI kondisi khusus tersebut berjalan lancar. 

"Tiba di PLBN Entikong mereka diterima oleh tim Satgas Pemulangan WNI/PMI. Selanjutnya mereka akan menjalani proses pencegahan Covid-19 sebelum dipulangkan ke daerahnya masing- masing," kata Yonny.
 

Editor : Reza Yunanto

Bagikan Artikel: