Kodam Tanjungpura Siapkan 21 Tenaga Pemakaman Jenazah Positif Covid-19

Antara ยท Kamis, 16 April 2020 - 22:23 WIB
Kodam Tanjungpura Siapkan 21 Tenaga Pemakaman Jenazah Positif Covid-19
Kodam Tanjungpura melatih 21 tenaga pemakaman korban meninggal akibat virus corona dari personel Kompi Kavaleri 12/Macan Dahan Cakti, Kamis (16/4/2020). (Foto: Istimewa)

PONTIANAK, iNews.id – Kodam XII/Tanjungpura menyiapkan 21 tenaga dari personel Kompi Kavaleri 12/Macan Dahan Cakti untuk membantu pemakaman jenazah positif Covid-19. Mereka akan bertugas di wilayah Kota Pontianak dan Kubu Raya, Provinsi Kalimantan Barat (Kalbar).

Untuk menyiapkan tenaga pemakaman tersebut, Kodam XII/Tpr memberikan pelatihan pemakaman dan dekontaminasi. Dengan demikian, proses pemakaman jenazah sesuai dengan SOP (Standar Operasional Prosedur).

“Kami memberikan pelatihan kepada 21 tenaga yag membantu pemakaman jenazah positif Covid-19 di Markas Kikav 12/MDC,” kata Kapten Czi Dipo dari Yonzipur 6/Satya Digdaya, Kamis (16/4/2020).

Dia menjelaskan, sebanyak 21 personel Kikav 12/MDC itu mendapatkan materi berupa latihan teori dan praktik dalam penanganan jenazah positif Covid-19. Mereka dibekali dengan prosedur pemulasaraan jenazah pasien Covid-19 serta prosedur yang harus dilakukan setelah melakukan pemakaman. “Ini dimaksudkan guna meminimalisir personel yang melakukan pemakaman terpapar Covid-19,” katanya.

Adapun materi yang diberikan meliputi cara penggunaan alat pelindung diri (APD) yang benar dan cara menangani jenazah mulai dari kamar mayat hingga ke pemakaman. Kemudian, perlakuan dan kegiatan tim pemakaman, selesai kegiatan pemakaman dan dekontaminasi yang terdiri atas penyemprotan disinfektan, pelepasan APD dan sterilisasi kendaraan.

Kapendam XII/Tpr Kol Inf Aulia Fahmi Dalimunthe menambahkan, latihan ini bertujuan untuk memberikan rasa aman terhadap keluarga dari pasien positif Covid-19. Dengan begitu, para personel Kodam XII/Tpr yang melaksanakan pemakaman jenazah pasien positif terinfeksi virus corona akan terlindungi.

Menurut dia, setiap rumah sakit telah menyiapkan petugas untuk memakamkan pasien positif corona itu. Namun, jika petugas pemakaman tidak mencukupi, maka personel Kodam XII/Tpr siap dilibatkan karena pemakaman jenazah terjangkit Covid-19 harus selesai dalam waktu empat jam.

“Untuk itu, kami berikan pelatihan, agar personel Kodam XII/Tpr siap apabila dibutuhkan untuk membantu pemakaman jenazah pasien Covid-19,” ujarnya.

Untuk melindungi personel yang disiapkan dalam melakukan pemakaman, Pangdam XII/Tpr Mayjen Muhammad Nur Rahmad memberikan dukungan berupa kelengkapan APD. Kelengkapan itu di antaranya jumpsuit, sarung tangan medis, masker face, masker N-95, sepatu bot, alat penyemprot gendong serta kaca mata dan face shield.


Editor : Maria Christina