Komentar SARA di Facebook, Warga Singkawang Ditangkap Tim Cyber Crime Polda Kalbar

Antara ยท Kamis, 28 Mei 2020 - 16:14 WIB
Komentar SARA di Facebook, Warga Singkawang Ditangkap Tim Cyber Crime Polda Kalbar
Ilustrasi Ujaran Kebencian (dok iNews.id)

PONTIANAK, iNews.id - Polda Kalimantan Barat menangkap pria berinisial R (35) karena mengunggah komentar di Facebook yang mengandung ujaran kebencian pada etnis tertentu. Pelaku ditangkap Tim Cyber Crime di rumahnya di Kecamatan Singkawang, Kota Singkawang.

"Akun Facebook dengan nama Wisata Pulau Lemukutan yang dalam komentarnya ada perdebatan yang mengarah ke SARA," kata Direktur Reserse Kriminal Khusus Polda Kalbar Kombes Juda Nusa di Pontianak, Kamis (28/5/2020).

Dia mengatakan, penangkapan terhadap pelaku ujaran kebencian ini diawali dari adanya laporan dari masyarakat mengenai adanya akun Facebook yang berkomentar dengan muatan kebencian kepada etnis tertentu.

Menindaklanjuti laporan tersebut, Tim Cyber Crime Polda Kalbar melakukan penyelidikan dan profiling untuk mengumpulkan informasi pemilik akun tersebut.

"Dengan dibantu dari pihak Polres Singkawang, penyidik melakukan penangkapan terhadap pelaku di rumahnya yang berada di Kecamatan Singkawang Utara," katanya.

Dari hasil pemeriksaan sementara, pelaku berinisial R ini mengakui perbuatannya tersebut. Pelaku mengaku mengeluarkan komentar SARA itu karena sakit hati.

Dia menambahkan, dalam penangkapan pelaku, penyidik mengamankian ponsel yang digunakan pelaku untuk mengunggah ujaran kebencian tersebut. Pelaku diamankan di Mapolda Kalbar.

"Penyidik nantinya juga akan meminta keterangan ahli bahasa dan ahli ITE untuk melengkapi pemeriksaan," ujarnya.

Terkait kasus ini, dia meminta agar masyarakat bijak menggunakan media sosial. Bila menemukan unggahan bermuatan ujaran kebencian SARA agar melaporkan kepada kepolisian.

"Jika menemukan postingan mengandung Sara silahkan laporkan kepada petugas dan jangan cepat terprovokasi," katanya.


Editor : Reza Yunanto