Korban KDRT Suami di Malaysia, Ibu Muda dan Anaknya Pulang ke Indonesia

Antara ยท Jumat, 22 Januari 2021 - 08:35:00 WIB
Korban KDRT Suami di Malaysia, Ibu Muda dan Anaknya Pulang ke Indonesia
Para WNI pekerja migran dari Malaysia tiba di PLBN Entikong, Kalimantan Barat. (Antara)

PONTIANAK, iNews.id - Seorang ibu muda warga negara Indonesia (WNI) bernama Novia dan anaknya di Sarawak, Malaysia pulang ke Indonesia setelah menjadi korban kekerasan dalam rumah tangga (KDRT) suami. Kepulangan Novia dan anaknya dibantu oleh Konsulat Jenderal Republik Indonesia (KJRI) di Kuching.

Novia adalah ibu muda asal Kabupaten Simalungun, Sumatera Utara. Dia bersuamikan seorang warga negara Malaysia dan tinggal di Bau, luar kota Kuching. Setelah mengalami kekerasan dari sang suami beberapa waktu lalu, dia dan anak laki-lakinya yang masih kecil memutuskan untuk pulang ke Indonesia.
 
KJRI Kuching kemudian membantu kepulangan (repatriasi) Novia dan anaknya melalui Pos Lintas Batas Negara (PLBN) di Entikong, Kalimantan Barat. Pemulangan Novia dan anaknya berbarengan dengan 11 WNI lain yang juga dipulangkan ke Indonesia.

"Mereka ini terdiri atas tiga orang laki-laki, tujuh orang perempuan, dan tiga orang anak termasuk seorang bayi. Di antara mereka juga atas nama Novia bersama seorang putranya WNI asal Sumatera Utara korban KDRT di Sarawak," kata Kepala KJRI Kuching, Yonny Tri Prayitno, Jumat (22/1/2021).

Sebelum dipulangkan, Novia dan anaknya beserta 11 WNI tersebut melaksanakan tes usap di Rumah Sakit Normah, Kuching. Setelah dipastikan negatif Covid-19, mereka bisa masuk ke Indonesia. 

Editor : Reza Yunanto