Live Gerhana Matahari Cincin 21 Juni 2020, Begini Penampakannya

Antara ยท Minggu, 21 Juni 2020 - 14:54 WIB
Live Gerhana Matahari Cincin 21 Juni 2020, Begini Penampakannya
Gerhana matahari cincin 21 Juni 2020 (YouTube)

PONTIANAK, iNews.id - Tak semua wilayah di Indonesia bisa menyaksikan fenomena gerhana matahari cincin. Namun, fenomena alam tersebut bisa disaksika secara daring.

Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (LAPAN) menyiarkan secara live fenomena tersebut melalui akun Instagram @lapanpontianak dan akun YouTube BBPA Pontianak, Minggu (21/6/2020).

Siaran langsung detik-detik gerhana matahari tersebut sudah dimulai dan masih berlangsung hingga kini. Tampak dalam gambar yang ditampilkan, sebagian kecil matahari mulai tertutup.

Peneliti LAPAN, Rhorom Priyatikanto mengatakan, Indonesia hanya bisa menyaksikan gerhana matahari sebagian saat sejumlah negara di belahan negara lain bisa menyaksikan gerhana matahari cincin.

"Akan terjadi gerhana matahari cincin tanggal 21 Juni 2020, tapi tak terlihat dari wilayah Indonesia. Indonesia hanya bisa menyaksikan gerhana matahari sebagian dari wilayah utara Indonesia," katanya.

Rhorom mengatakan gerhana matahari sebagian di Indonesia bisa diamati sekitar pukul 15.00 WIB. Di Sumatera, gerhana berlangsung pukul 14.30-15.30 WIB, sedangkan di Sulawesi, gerhana berlangsung sekitar 30 menit setelahnya.

Gerhana matahari cincin terjadi ketika piringan matahari tertutup piringan bulan dan tersisa bagian tepi yang tak tertutup. Hal itu terjadi karena posisi pengamat, bulan, dan matahari hampir segaris. Saat itu, bulan sedikit lebih jauh dari bumi sehingga tampak lebih kecil dan tak bisa menutupi seluruh piringan matahari.


Editor : Reza Yunanto