Maksimalkan Pengawasan, Polda Kalbar dan Pemkot Pontianak Integrasikan CCTV

Antara · Kamis, 26 Agustus 2021 - 16:54:00 WIB
Maksimalkan Pengawasan, Polda Kalbar dan Pemkot Pontianak Integrasikan CCTV
Kamera pengawas atau closed circuit television (CCTV). (Foto: Istimewa)

PONTIANAK, iNews.id - Polda Kalimantan Barat (Kalbar) dan Pemerintah Kota (Pemkot) Pontianak mengintegrasikan CCTV. Kerja sama ini untuk memaksimalkan monitoring kejadian di Kota Pontianak.

Wali Kota Pontianak Edi Rusdi Kamtono mengatakan, tujuan kerja sama ini dalam rangka tukar menukar informasi maupun data yang terekam pada CCTV. 

"Selain itu untuk memberikan pelayanan yang prima kepada masyarakat di bidang keamanan dan ketertiban maupun kenyamanan berlalu lintas," ujar Edi di Pontianak, Kamis (26/8/2021).

Menurut Edi, CCTV yang dimiliki Pemkot Pontianak ada di 44 titik. Jumlah itu dirasa kurang, karena ada titik-titik rawan yang belum terpantau. Secara bertahap, Pemkot Pontianak akan menambah CCTV di tempat keramaian dan strategis lainnya.

"Pemenuhan CCTV pada titik-titik lokasi ini sejalan dengan era digital untuk menyongsong Kota Pontianak sebagai smart city," tuturnya.  

Sementara itu Polda Kalbar berharap integrasi CCTV ini bisa memudahkan pelaksanaan tugas kepolisian di Kota Pontianak.

"Antara Pemkot Pontianak dan Polda Kalbar akan memperoleh manfaat data pada saat ada hal yang secara khusus diperlukan kedua belah pihak," kata Kabid Teknologi Informasi dan Komunikasi Polda Kalbar, Kombes Nowo Winarti.

Editor : Reza Yunanto

Bagikan Artikel: