Masuk Zona Kuning Covid-19, Kalbar Temukan Klaster Baru di Kubu Raya

Antara ยท Kamis, 17 September 2020 - 13:54 WIB
Masuk Zona Kuning Covid-19, Kalbar Temukan Klaster Baru di Kubu Raya
ilustrasi Covid-19

PONTIANAK, iNews.id - Sempat berada di zona hijau, Provinsi Kalimantan Barat (Kalbar) masuk zona kuning Covid-19. Penambahan kasus positif didominasi dari sejumlah klaster baru maupun yang sudah ditemukan sebelumnya.

"Kita akan melakukan pelacakan terhadap beberapa klaster yang ada," kata Kepala Dinas Kesehatan Kalbar, Harisson di Pontianak, Kamis (17/9/2020).

Dia menjelaskan, klaster terbaru yang ditemukan yakni jemaah Munzalan di Sungai Raya Dalam, Kabupaten Kubu Raya. Di klaster ini, ada empat orang yang positif terjangkit covid-19.

Kemudian klaster keluarga di Pontianak yang sudah lebih dulu diketahui kembali menambah empat orang yang terkonfirmasi positif.

Terbanyak berasal dari klaster Seminari di Kabupaten Sintang. Ada enam orang yang kembali terkonfirmasi positif Covid-19 dari sekolah Katolik itu.

Harisson menambahkan, total ada 19 orang kasus positif yang tercatat di Kalbar pada Rabu (16/9/2020) kemarin.
Selain dari tiga klaster tersebut, kasus positif juga tercatat berasal dari Kabupaten Sambas, dan Kabupaten Bengkayang masing-masing satu orang.

Harisson mengatakan, dengan masuknya Kalbar ke zona kuning merupakan peringatan bagi masyarakat untuk disiplin protokol kesehatan.

Total kasus positif di Kalbar saat ini mencapai 803 kasus dengan 666 di antaranya telah sembuh. Kasus meninggal berjumlah tujuh orang.


Editor : Reza Yunanto