May Day di Kalbar Diganti Pembagian Sembako untuk Buruh Terdampak Covid-19

Antara ยท Jumat, 01 Mei 2020 - 15:30 WIB
May Day di Kalbar Diganti Pembagian Sembako untuk Buruh Terdampak Covid-19
Ilustrasi pembagian sembako. (Foto: Antara)

PONTIANAK, iNews.id - Peringatan Hari Buruh atau May Day di Kalimantan Barat ditiadakan. Sebagai gantinya, sejumlah organisasi buruh melakukan aksi sosial pembagian sembako untuk buruh terdampak virus corona (Covid-19).

"Jadi tahun ini kita lebih fokus ke aksi bakti sosial yang menyasar anggota kita yang terdampak," kata Koordinator Konfederasi Serikat Buruh Sejahtera Indonesia (KSBSI) Kalimantan Barat, Suherman, Jumat (1/5/2020).

Dia menambahkan, keputusan ini sejalan dengan imbauan pemerintah untuk mencegah terjadinya kerumunan di saat pandemi Covid-19. KSBSI juga telah mengeluarkan imbauan untuk tetap di rumah.

"Di tahun ini lebih mengikuti anjuran pemerintah untuk melakukan social distancing dan tetap mengikuti protokol kesehatan," ujarnya.

Menurutnya, ada sekitar 68.000 orang anggota KSBSI di Kalbar yang berasal dari organisasi buruh lokal seperti Hukatan, Kamiparho, Nikeuba, FKUI, dan FPE. Untuk aksi sosial pembagian sembako ini, KSBSI menggandeng Polda Kalbar.

Sementara itu Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo) Kalbar mengaku banyak anggotanya yang terdampak Covid-19.

Akibatnya, banyak pengusaha yang terpaksa merumahkan karyawan karena tak sanggup menanggung operasional usaha.

"Merumahkan bahkan memberhentikan pekerja tentunya sebuah keputusan yg sangat berat, tapi terpaksa dilakukan demi keberlangsungan usaha," kata Sekjen Apindo Kalbar, Haryo Yudanto.


Editor : Reza Yunanto