Mengenal 4 Khulafaur Rasyidin, Arti, Profil Beserta Gelar

Kastolani ยท Kamis, 17 November 2022 - 06:05:00 WIB
Mengenal 4 Khulafaur Rasyidin, Arti, Profil Beserta Gelar
Mengenal 4 Khulafur Rasyidin penerus perjuangan Nabi SAW. (Foto: ist)

JAKARTA, iNews.id - Ada empat Khulafaur Rasyidin penerus perjuangan Nabi Muhammad SAW yang perlu Muslim ketahui. Siapa saja profil 4 Khulafaur Rasyidin dan gelarnya?

Khulafaur Rasyidin merupakan gabungan dari dua kata yaitu Khulafa dan Rasyidin. Menurut bahasa Khulafa adalah jamak dari kata Khalifah artinya pengganti. Sedangkan Ar-Rasyidin adalah jamak dari Ar Rasyid yang artinya orang yang mendapat petunjuk. 

Dengan demikian, Khulafaur Rasyidin artinya para pengganti yang mendapat petunjuk.

Arti Khulafaur Rasyidin

Dilansir dari Buku Sejarah Kebudayaan Islam (SKI) Kelas XII, Khulafaur Rasyidin memiliki pengertian para pengganti dan penerus kepemimpinan Islam setelah Rasulullah SAW wafat. 

Istilah Khulafaur Rasyidin diberikan kepada para Sahabat yang yang terpilih menjadi pengganti Rasulullah Saw setelah wafat dan bukan sebagai Nabi atau Rasul. 

Masa Khulafaurrasyidin termasuk generasi terbaik setelah zaman Rasulullah SAW seperti hadits Nabi SAW tentang sebaik-baik zaman.

Khulafaur Rasyidin terdiri atas 4 khalifah, yaitu Abu Bakar Ash-Shiddiq, Umar ibn Khattab, Utsman Ibn Affan, dan Ali Ibn Abi Thalib.

Profil 4 Khulafaur Rasyidin dan Gelar

1. Abu Bakar Ash-Shiddiq

Abu Bakar adalah gelar yang diberikan setelah masuk Islam. Nama sebelum Islam adalah Abdul Ka’bah. Nama aslinya Abdullah bin Abu Quhafah keturunan bani Taim bin Murrah bin Ka’ab bin Lu’ay bin Kal Al-Quraisy. 

Abu Bakar lahir pada tahun ke-2 dari tahun gajah atau dua tahun lebih muda dari Nabi Muhammad Saw.
Abu Bakar memiliki budi pekerti yang baik dan terpuji. Di kalangan bangsawan Qurasy, beliau dikenal dengan sosok yang ulet dan jujur. Beliau merupakan pedagang yang kaya raya. Beliau berdagang dengan jujur sehingga orangorang tertarik untuk membeli barangnya. Sikap jujurnya hingga beliau mesuk terbawa Islam.

Sejak Usia muda, Abu Bakar memiliki ikatan persahabatan yang kuat dengan Nabi Muhammad Saw. Ketika Nabi Muhammad diangkat menjadi Nabi dan Rasul dengan menerima wahyu pertama, Abu Bakar merupakan orang dewasa pertama masuk Islam.

Gelar Ash Shiddiq

Abu Bakar mendapat gelar ash-shidiq atau orang jujur terpercaya karena beliau orang pertama mempercayai peristiwa perjalanan Nabi Muhammad dari Mekkah ke Baitul Maqdis di Yerusalem, dilanjutkan dengan perjalann dari Baitul Maqdis ke sidrotulmuntaha dalam waktu semalam. 

Peristiwa tersebut dikenal dengan peristiwa Isra’ dan Mi’raj. Sebagaimana ketika pagi hari setelah malam Isra Mi;raj, kaum kafir Quraisy berkata kepadanya: "Teman tamu itu (Nabi Muhammad SAW) mengaku-ngaku telah pergi ke Baitul Maqdis dalam semalam".

Abu Bakar lalu menjawab " Jika ia berkata maka itu benar".

Abu Bakar juga dijuluki Ash-Shiddiq karena merupakan lelaki pertama yang membenarkan dan beriman kepada Nabi Muhammad Saw. Nabi Saw telah menamai beliau dengan Ash-Shiddiq sebagaimana diriwayatkan dalam Shahih Bukhari:

“Dari Anas bin Malik ra. bahwa Nabi Saw, menaiki gunung Uhud bersama Abu Bakar, Umar dan ‘Utsman. Gunung Uhud pun berguncang. Nabi lalu bersabda: ‘Diamlah Uhud, di atasmu ada Nabi, Ash-Shiddiq (yaitu Abu Bakr) dan dua orang Syuhada’ (‘Umar dan ‘Utsman)”

Editor : Kastolani Marzuki

Bagikan Artikel: