Mitos Orang Bunian di Kalimantan Suka Menggoda Manusia dan Menyesatkan dalam Hutan

Sindonews, Anicolha ยท Sabtu, 30 Juli 2022 - 06:04:00 WIB
Mitos Orang Bunian di Kalimantan Suka Menggoda Manusia dan Menyesatkan dalam Hutan
Orang Bunian diyakini keberadaanya di pedalaman hutan Kalimantan. (Foto: Tsabita/Sindonews)

JAKARTA, iNews.id - Orang Bunian diyakini keberadaannya oleh masayarakat Melayu di Kalimantan dan Sumatera. Bentuknya menyerupai manusia namun tidak hidup dalam dimensi yang sama dengan manusia.

Orang Bunian diyakini menempati tempat-tempat terpencil dan tersembunyi seperti hutan pedalaman dan perbukitan yang tinggi.

Bagi masyarakat Kalimantan Barat, Orang Bunian bukan hal asing. Namun mereka hanya dapat dilihat ketika mau menampakkan diri. Ketika menampakkan diri kepada manusia, Orang Bunian berwujud menyerupai manusia dengan paras yang rupawan.

Hutan di pedalaman Kalimantan. (Foto: Tsabita)
Hutan di pedalaman Kalimantan. (Foto: Tsabita)

Mereka ini bukan makhluk gaib yang primitif, melainkan sudah punya struktur yang kompleks. Bagi yang bisa melihat hal-hal gaib, akan mampu menyaksikan kehidupan orang-orang Bunian yang kurang lebih seperti manusia pada umumnya.

Mereka berjualan, menikah, bahkan katanya memiliki semacam kerajaan yang dipimpin oleh seorang raja.

Namun Orang Bunian cenderung ditakuti karena suka menculik anak-anak dan sering menyesatkan orang di hutan belantara. Mereka dipercaya suka keluar dari hutan ketika menjelang waktu magrib. Oleh sebab itu anak-anak dilarang berkeliaran di luar rumah pada waktu tersebut. 

Editor : Reza Yunanto

Halaman : 1 2 3

Bagikan Artikel: