Napi Kendalikan Narkoba, Petugas Lapas Pontianak Mendadak Tes Urine

Uun Yuniar · Kamis, 18 Maret 2021 - 10:35:00 WIB
Napi Kendalikan Narkoba, Petugas Lapas Pontianak Mendadak Tes Urine
Petugas Lapas Pontianak, Kalimantan Barat menjalani tes urine, Rabu (17/3/2021). (Foto: iNews/Uun Yuniar)

PONTIANAK, iNews.id - Kantor Wilayah (Kanwil) Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham) Kalimantan Barat melakukan pemeriksaan urine mendadak terhadap petugas Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Pontianak. Pemeriksaan dilakukan untuk membersihkan narkoba dari dalam lapas.

"Kami sedang melakukan pembersihan di dalam lapas, salah satunya yakni narkoba," kata Kepala Divisi Pemasyarakatan Kanwil Kemenkumham Kalbar, Suprobowati, Rabu (17/3/2021).

Dia mengatakan, Kemenkumham tak ingin ada peredaran narkoba di dalam lapas. Baik itu dilakukan oleh warga binaan maupun petugas. Kemenkumham ingin Lapas Pontianak bersih dari narkoba, karena itu tes urine dilakukan untuk mengetahui komitmen para petugas.

Total ada 27 petugas Lapas Pontianak yang menjalani pemeriksaan urine. Selain itu 107 warga binaan yang diambil secara acak dari berbagai blok juga mengikuti pemeriksaan urine.

Hasil pemeriksan urine tersebut, tak ada petugas maupun warga binaan yang positif menggunakan narkoba.

"Alhamdulilah 27 petugas semuanya negatif. Artinya mereka benar-benar mendukung pembersihan lapas dan rutan di Pontianak dari narkoba," tuturnya.

Tes urine tersebut terkait seorang warga binaan di Kalbar yang menjadi otak peredaran narkoba. Hasil tersebut juga memastikan saat ini tidak ada lagi peredaran narkoba di Lapas Pontianak

Sementara itu Kepala Lapas Pontianak, Farhan Hidayat mengatakan, program rehabilitasi sosial selama ini telah dijalankan kepada semua warga binaan. Tidak adanya pengguna narkoba di lapas membuktikan program tersebut berjalan dengan baik.

"Hasil negatif (tes urine) ini menunjukkan warga binaan di Lapas Pontianak merupakan salah satu keberhasilan program rehab sosial," katanya.

Editor : Reza Yunanto