New Normal, Warga Kalbar Boleh Gelar Pesta Pernikahan asal Patuhi Protokol Kesehatan

Antara ยท Selasa, 23 Juni 2020 - 15:13 WIB
New Normal, Warga Kalbar Boleh Gelar Pesta Pernikahan asal Patuhi Protokol Kesehatan
Kepala Dinkes Kalimantan Barat dr Harisson. (Foto: Antara)

PONTIANAK, iNews.id - Pemerintah Provinsi (Pemprov) Kalimantan Barat (Kalbar) tak melarang warga menggelar pesta pernikahan. Namun gelaran pesta harus mematuhi protokol kesehatan.

"Kita tidak melarang masyarakat untuk menggelar resepsi pernikahan. Namun ada ketentuan yang harus diikuti agar kasus Covid-19 bisa kita hindari bersama," kata Kepala Dinas (Dinkes) Kalbar, Harisson di Pontianak, Selasa (23/6/2020).

Harisson mengatakan, saat ini belum ditemukan adanya penyebaran virus corona (Covid-19) dari acara pesta pernikahan. Kendati demikian, di masa kenormalan baru ini, masyarakat tetap harus menerapkan protokol kesehatan demi mencegah penyebaran Covid-19 yang belum sepenuhnya berakhir ini.

Sesuai dengan ketentuan yang dikeluarkan oleh Kementerian Kesehatan, selama masa kenormalan baru, terdapat perbedaan paling mencolok dalam gelaran resepsi pernikahan. Salah satunya adalah pemangkasan jumlah tamu yang hadir sampai 50 persen dari kapasitas gedung.

Selain itu, penyelenggara pesta pernikahan juga diwajibkan menyediakan thermo gun dan tempat cuci tangan di tempat acara.

Kemudian untuk sajian makanan prasmanan harus disiapkan sekat plastik dan penentuan jarak bagi tamu yang akan mengantri mengambil makanan.

"Jadi para tamu tidak diperkenankan mengambil makanan sendiri. Kemudian kita sarankan agar saat pengambilan foto bersama pengantin dibatasi hanya untuk keluarga dan tamu penting saja," katanya.


Editor : Reza Yunanto