Pasien Corona Kabur di Pontianak Ditemukan, Dinkes Kalbar Lanjutkan Tracing Kontak Erat

Antara ยท Kamis, 06 Agustus 2020 - 14:08 WIB
Pasien Corona Kabur di Pontianak Ditemukan, Dinkes Kalbar Lanjutkan Tracing Kontak Erat
Gubernur Kalimantan Barat Sutarmidji dan Kepala Dinas Kesehatan Harisson menemui pasien Covid-19 sembuh di Pontianak. (Antara)

PONTIANAK, iNews.id - Dinas Kesehatan (Dinkes) Kalimantan Barat (Kalbar) melakukan penelusuran kontak orang-orang yang pernah berinteraksi dengan Ismail, pasien Covid-19 yang kabur di Pontianak. Masyarakat yang merasa pernah kontak dengan Ismail diminta segera melapor untuk menjalani rapid test.

"Dinkes akan melakukan penelusuran terhadap siapa saja yang pernah kontak. Masyarakat yang pernah kontak dengan Is agar bisa melapor," kata Kepala Dinkes Kalbar Harisson di Pontianak, Kamis (6/8/2020).

Harisson mengatakan, dari pemeriksaan swab PCR yang dilakukan terhadap Ismail, warga Jombang, Jawa Timur ini membawa strain virus yang lebih tinggi dibanding yang ada di Kalbar. Hal tersebut berbahaya bagi orang yang pernah kontak langsung dengan Ismail.

"Yang dibawa pasien Covid-19 dari Jombang ini viral load-nya tinggi. Mengandung strain virus yang lebih berbahaya dari strain virus yang ada di Kalbar," ujarnya.

Harisson mengatakan, Ismail kini sudah diisolasi di rumah isolasi yang disiapkan Pemkot Pontianak.

Penelusuran kontak dilakukan di Pontianak, maupun Kubu Raya, tempat Ismail akhirnya ditemukan setelah kabur selama tiga hari.

Diberitakan sebelumnya, pelarian Ismail berakhir di Desa Jawa Tengah, Kecamatan Sungai Ambawang, Kabupaten Kubu Raya, Kalbar, Rabu (5/8/2020) malam.

Ismail kabur dari tempatnya menginap di Hotel Jeruju Baru usai dinyatakan positif Covid-19.


Editor : Reza Yunanto