Pasien Covid-19 di Pontianak Melonjak, Rusunawa Nipah Kuning Disiapkan Jadi RS Lapangan

Antara ยท Selasa, 13 Juli 2021 - 17:00:00 WIB
Pasien Covid-19 di Pontianak Melonjak, Rusunawa Nipah Kuning Disiapkan Jadi RS Lapangan
Rusunawa Nipah Kuning, Pontianak disiapkan menjadi Rumah Sakit Lapangan Covid-19. (Foto: iNews/Barlian Pasore)

PONTIANAK, iNews.id - Kasus Covid-19 di Kota Pontianak mencatat lonjakan dalam beberapa hari terakhir. Pemerintah Kota (Pemkot) Pontianak mengantisipasi dengan menyiapkan Rusunawa Nipah Kuning sebagai rumah sakit lapangan.

"Kami mengupayakan agar Rusunawa Nipah Kuning bisa menjadi rumah sakit lapangan untuk penanganan pasien Covid-19," kata Wali Kota Pontianak Edi Rusdi Kamtono, Selasa (13/7/2021).

Edi mengatakan, kondisi ICU RSUD Sultan Syarif Mohamad Alkadrie dalam kondisi penuh. Ruang isolasi untuk pasien Covid-19 tersisa 10 tempat tidur. 

Jika dalam beberapa hari lagi masih terjadi lonjakan pasien Covid, Edi mengaku akan mengambil tindakan darurat menambah tempat tidur di ruang isolasi.

Edi menambahkan, pasokan oksigen di RSUD tersebut saat ini masih mencukupi. Namun dia meminta agar rumah sakit berkoordinasi dengan Satgas Oksigen Provinsi untuk menjamin pasokan oksigen.

"Ketersediaan oksigen tidak boleh kosong. Setelah ada Satgas Oksigen bisa dibantu provinsi jika ada kekurangan," ujarnya.

Edi mengatakan, kondisi Kota Pontianak yang saat ini berada di zona merah harus ditangani dengan cermat.

PPKM darurat sedang berjalan. Pemkot Pontianak dibantu Polresta Pontianak telah menyekat 10 titik yang ramai dilalui pengendara untuk menekan mobilitas warga.

Editor : Reza Yunanto

Bagikan Artikel: