Pemkot Pontianak Gelar Salat Idul Adha di Kantor Wali Kota, Lansia-Anak Diimbau Tak Ikut

Antara ยท Jumat, 24 Juli 2020 - 16:50 WIB
Pemkot Pontianak Gelar Salat Idul Adha di Kantor Wali Kota, Lansia-Anak Diimbau Tak Ikut
ilustrasi Salat Idul Adha

PONTIANAK, iNews.id - Pemerintah Kota (Pemkot) Pontianak akan menggelar Salat Idul Adha 1441 Hijriah di depan Kantor Wali Kota, Jalan Rahadi Usman. Pelaksanaan salat dengan menerapkan protokol kesehatan untuk mencegah penularan Covid-19.

"Kami sedang melakukan persiapan untuk pelaksanaan Salat Idul Adha yang akan digelar di halaman depan Kantor Wali Kota Pontianak. Panitia langsung turun ke lapangan untuk melakukan persiapan teknis," kata Sekretaris Daerah (Sekda) Pontianak, Mulyadi di Pontianak, Jumat (24/7/2020).

Dia mengatakan, masyarakat diperbolehkan mengikuti Salat Idul Adha di halaman kantor Wali Kota Pontianak. Kendati demikian, masyarakat diimbau tidak mengikutsertakan anak-anak dan lansia. Termasuk mereka yang dalam keadaan tidak sehat.

"Kita mengimbau masyarakat tidak mengikutsertakan anak-anak dan lansia. Bagi masyarakat yang sakit diimbau melaksanakan salat di rumah saja," katanya.

Menurutnya, protokol kesehatan akan diterapkan dengan ketat di lokasi. Setiap jemaah wajib memakai masker. Untuk mengatasi masyarakat yang lupa, petugas dinas kesehatan menyiapkan masker di lokasi. Petugas juga akan mengukur suhu tubuh jemaah yang hadir.

Selanjutnya, panitia akan menerapkan pembatasan jarak antarjemaah sesuai protokol kesehatan. Demikian pula tempat cuci tangan disediakan di beberapa titik area salat. Namun demikian, jemaah diimbau untuk sudah berwudu sebelum tiba di lokasi.

"Kita mengimbau jemaah yang hendak melaksanakan Salat Idul Adha sudah berwudu dan cuci tangan dari rumah. Tetapi kami juga menyediakan area untuk berwudu," katanya.


Editor : Reza Yunanto