Pengakuan Napi Disiram Air Got di Lapas Pontianak, Ternyata Ritual Buang Sial

Antara · Rabu, 20 Oktober 2021 - 12:12:00 WIB
Pengakuan Napi Disiram Air Got di Lapas Pontianak, Ternyata Ritual Buang Sial
Suasana razia di Lapas Pontianak. (Foto: iNews.id/Uun Yuniar)

PONTIANAK, iNews.id - Rekaman video yang menampilkan seorang napi di Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas II A Pontianak disiram air got beredar viral di media sosial. Ternyata penyiraman itu atas kehendak sang napi sebagai ritual buang sial.

Napi tersebut bernama Ersa Bagus Pratama Putra alias Boy. Dia mengaku memang meminta teman-teman sesama napi di Lapas Pontianak untuk menyiram dirinya dengan air got.

"Dia mengakui hal itu karena permohonan kasasinya dikabulkan. Oleh karena itu penyiraman air got dianggap sebagai tradisi buang sial," ujar Kepala Lapas Pontianak Farhan Hidayat, Selasa (19/10/2021).

Kepala Lapas Kelas IIA Pontianak, Farhan Hidayat. (Foto: iNews/Uun Yuniar)
Kepala Lapas Kelas IIA Pontianak, Farhan Hidayat. (Foto: iNews/Uun Yuniar)

Farhan mengatakan, Boy melakukan itu untuk memenuhi nazarnya setelah putusan kasasi kasusnya keluar. Putusan kasasi itu mengubah vonis dari pidana hukuman mati menjadi pidana penjara 18 tahun.

Farhan memastikan penyiraman air got terhadap Boy bukan merupakan tindakan bullying sesama napi. Para napi yang menyiram Boy dengan air got juga memastikan hal itu.

"Keterangan para narapidana yang terlibat, hal tersebut merupakan keinginan sendiri untuk membuang sial atau apes," tuturnya.

Editor : Reza Yunanto

Halaman : 1 2

Bagikan Artikel: