Pengunjung Warkop di Pontianak Mendadak Dites Swab Gegara Tak Pakai Masker

Uun Yuniar ยท Kamis, 23 Juli 2020 - 16:18 WIB
Pengunjung Warkop di Pontianak Mendadak Dites Swab Gegara Tak Pakai Masker
Satgas Covid-19 Kalimantan Barat menggelar razia di warung kopi di Pontianak, Kamis (23/7/2020). Pengunjung yang tak memakai masker langsung menjalani tes swab. (iNews.id/Uun Yuniar)

PONTIANAK, iNews.id - Tindakan tegas dilakukan Satgas Covid-19 Kalimantan Barat (Kalbar) yang melakukan razia ke warung kopi (warkop) di Pontianak. Beberapa pengunjung yang kedapatan tak memakai masker langsung dilakukan tes swab.

Pantauan iNews.id, Satgas Covid-19 Kalbar menyisir satu-persatu warkop yang bertebaran di Pontianak. Bila menemukan pengunjung maupun pengelola yang tak memakai masker, langsung digiring untuk diambil sampel swab-nya.

"Hari ini kita razia masker lagi. Karena kita lihat dengan pengetatan yang sudah dilonggarkan, masyarkat mulai ngumpul di warkop," kata Kepala Dinas Kesehatan Kalbar, Harisson di lokasi, Kamis (23/7/2020).

Harisson mengatakan, razia di warkop ini sengaja dilakukan tim Satgas Covid-19 lantaran warkop sebagai salah satu khas warga Pontianak, selalu ramai dikunjungi masyarakat. Selain itu, pemilihan warkop juga sebagai bagian dari pengambilan sampel acak tes swab di masyarakat.

"Kita ingin mendeteksi lagi, kalau ada kasus positif lagi. Makanya kita ambil sampel acak dari warkop-warkop ini," tuturnya.

Dia mengatakan, hasil swab ini akan segera dibawa ke laboratorium PCR di Universitas Tanjungpura. Hasilnya kemungkinan akan keluar sepekan kemudian.

Seperti diketahui, Kalbar per Rabu (22/7/2020) sudah nol kasus positif Covid-19 karena seluruh pasien positif telah sembuh.

Dari 359 kasus positif yang tercatat di Kalbar, sebanyak 355 orang dinyatakan telah sembuh dan empat orang meninggal dunia.


Editor : Reza Yunanto