Pengunjung Warkop Positif Corona, Wali Kota Pontianak: Ini Peringatan

Antara ยท Senin, 17 Agustus 2020 - 16:49:00 WIB
Pengunjung Warkop Positif Corona, Wali Kota Pontianak: Ini Peringatan
Wali Kota Pontianak, Edi Rusdi Kamtono. (Antara)

PONTIANAK, iNews.id - Kasus positif Covid-19 di Pontianak ditemukan di salah satu warung kopi (warkop). Wali Kota Pontianak Edi Rusdi Kamtono meminta pengelola dan pengungjung warkop berhati-hati.

"Ini merupakan sebuah warning (peringatan) kepada semuanya. Bahwa apa yang dikhawatirkan selama ini ternyata benar terjadi di warung kopi," ujar Edi di Pontianak, Senin (17/8/2020).

Menurut Edi, penemuan kasus positif di salah satu warkop itu mestinya menjadi pelajaran bagi warga untuk disiplin menjalankan protokol kesehatan di tempat umum. Tak hanya pengunjung, tapi juga pengelola.

Sayangnya, masih banyak pengunjung maupung pengelola warung kopi yang mengabaikan protokol kesehatan ini.

"Kelalaian semacam itu bisa meningkatkan risiko penularan Covid-19," tuturnya.

Edi mengatakan, dirinya tidak ingin muncul klaster baru penyebaran Covid-19 dari warkop yang bertebaran di Pontianak. Pemerintah Kota Pontianak dan kepolisian akan segera menggelar razia di sejumlah warkop. Sasarannya yakni untuk mendisiplinkan kembali penerapan protokol kesehatan.

"Kami imbau masyarakat dan pengelola agar mentaati protokol kesehatan, seperti menyediakan sarana cuci tangan, pakai masker dan jaga jarak," tuturnya.

Diberitakan sebelumnya, dua pengunjung warkop yang berada di Jalan Tanjung Pura, Pontianak ditutup setelah dua orang pengunjungnya positif terjangkit Covid-19.


Editor : Reza Yunanto